Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer/Laptop yang Benar

cara menyalakan laptop dan cara mematikan komputer
cara menyalakan laptop dan cara mematikan komputer sangat mudah. Namun, jika dilakukan dengan cara tidak benar, langkah-langkah menghidupkan dan mematikan komputer atau laptop bisa menimbulkan masalah

Cara menghidupkan dan mematikan komputer/laptop – Cara menyalakan laptop atau komputer sangat mudah. Begitu pula cara mematikan komputer atau laptop. Namun, sebenarnya tidak semudah itu juga. Anda harus menyalakan laptop/komputer dengan benar kemudian juga mematikannya dengan benar supaya tidak cepat rusak. (Baca juga : Tips menggunakan laptop baru supaya awet).

Jika komputer atau laptop Anda rusak disebabkan oleh cara menyalakan laptop atau cara mematikan komputer yang salah, tentu sangat disayangkan. Hanya karena persoalan sepele, Anda harus mengeluarkan uang ekstra untuk memperbaikinya.

Dalam artikel ini, kami akan memberi petunjuk umum tentang bagaimana cara menghidupkan dan mematikan komputer atau laptop dengan benar. Merk laptop apa pun yang Anda punya (entah Asus, Acer, Axioo, Hp, Toshiba, Dell, Lenovo, dll), prinsipnya sama saja. (Baca juga : Daftar merk laptop terbaik di dunia tahun ini).

Cara Menghidupkan Komputer/Laptop Dengan Benar

Cara menyalakan laptop atau komputer, prinsipnya sama saja. Anda hanya perlu memencet tombol power yang sudah disediakan. Namun, jangan asal pencet, apalagi memencet berkali-kali.

Untuk menghindari masalah pada laptop yang tidak diinginkan, berikut adalah cara menyalakan laptop/komputer yang baik dan benar :

A. Cara Menyalakan laptop

Di bawah ini adalah langkah-langkah cara menghidupkan laptop dengan benar :

1. Pastikan baterai laptop terisi/terhubung ke sumber daya listrik

Laptop dapat hidup menggunakan baterai. Namun, jika baterai lemah Anda harus segera menghubungkannya ke sumber daya listrik untuk mencegah laptop mati selama proses booting.

Pengisi daya laptop biasanya terletak di sisi kiri atau kanan laptop. Tinggal hubungkan ke sumber daya listrik menggunakan kabel adaptor yang tersedia.

Baca Juga :  Cara Meningkatkan Masa Pakai Baterai Laptop (Windows 7, 8, 10)

2. Tekan tombol power laptop Anda.

Tombol power biasanya terletak di bagian atas keyboard, bisa di sebelah kiri, tengah, atau kanan.

Pada beberapa merk laptop, tombol power bisa diletakkan di bagian kanan engsel layar monitor.

Jika tombol power sudah ditekan, tetapi laptop tidak menyala, laptop mungkin mengalami masalah. Baca artikel cara menghidupkan laptop yang tidak mau hidup atau mati secara tiba-tiba.

3. Tunggu proses booting sistem

Setelah tombol power ditekan, laptop akan hidup secara otomatis. Anda hanya tinggal menunggu saja. Dalam proses ini, lampu indikator sudah menyala.

Semakin tinggi spesifikasi laptop atau semakin sedikit aplikasi yang diinstal maka proses booting akan semakin cepat. Tidak ada cara lain selain menunggu proses booting selesai dengan sabar.

Proses booting sistem akan ditandai dengan munculnya icon sistem operasi yang Anda gunakan. Misalnya Windows, disertai dengan lambang loading. (Baca : Penyebab komputer gagal booting).

4. Tunggu proses startup sistem

Setelah loading selesai maka wallpaper akan muncul di layar laptop. Pertama-tama sistem akan menjalankan proses startup. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan di startup maka proses ini akan semakin lama. Untuk mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan di startup, buka run, kemudian ketik msconfig, selanjutnya atur startup.

B. Cara menyalakan komputer

Di bawah ini adalah langkah-langkah cara menghidupkan komputer dengan benar :

1. Pastikan komputer sudah terhubung ke sumber daya listrik

Komputer desktop tidak akan bisa hidup jika Anda tidak menghubungkannya dengan sumber daya listrik. Jadi pastikan komputer sudah terhubung dengan sumber daya listrik yang tersedia.

2. Tekan tombol power di bagian depan atau atas casing komputer.

Tombol power hampir semua merk PC bentuknya sama saja, jadi Anda tidak akan kebingungan.

Baca Juga :  10 Fungsi Google & Cara Membuat Sebagai Default Search Engine

Letak tombol power biasanya di tengah-tengah atau sudut kanan atas casing komputer. Namun ada beberapa merk komputer yang menempatkan tombol power di sudut kanan belakang komputer, seperti Mac Mini.

3. Tunggu proses booting sistem

Setelah tombol power ditekan, komputer akan hidup secara otomatis. Anda hanya tinggal duduk diam menunggu saja. Biasanya Anda akan mendengar suara kipas dan melihat lampu-lamu indikator menyala.

Semakin tinggi spesifikasi komputer atau semakin sedikit aplikasi yang diinstal maka proses booting akan semakin cepat. Tidak ada cara lain selain menunggu proses booting selesai dengan sabar.

Proses booting sistem akan ditandai dengan munculnya icon sistem operasi yang Anda gunakan. Misalnya windows, disertai dengan lambang loading. (Baca : Penyebab komputer gagal booting).

4. Tunggu proses startup sistem

Setelah loading selesai maka wallpaper akan muncul di layar monitor. Pertama-tama sistem akan menjalankan proses startup. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan di startup maka proses ini akan semakin lama. Untuk mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan di startup, buka run, kemudian ketik msconfig, selanjutnya atur startup.

5. Sistem siap

Jika proses startup selesai, Anda sudah bisa menggunakan komputer. Selesainya proses start up ditandai dengan tidak adanya gambar loading berputar-putar di dekat kursor.

Catatan :

Jika Anda sudah menekan tombol power, namun komputer tidak menyala sebagaimana mestinya, komputer Anda mungkin bermasalah. Baca artikel cara menghidupkan komputer yang tidak mau hidup atau mati secara tiba-tiba.

Selain menekan tombol power CPU, Anda juga harus menyalakan layar monitor komputer Anda. Jika komputer Anda adalah komputer All-in-One (AIO), Anda hanya perlu menekan tombol power saja, yang letaknya di bagian kanan monitor (bisa di bawah bisa di belakang).

Baca Juga :  15 Cara Menggunakan Laptop Baru Beli Agar Awet

Cara Mematikan Komputer/Laptop Dengan Benar

Cara mematikan komputer atau laptop, prinsipnya sama saja. Anda hanya perlu klik start menupowershutdown.

Namun, adakalanya tidak semudah itu. Tidak jarang komputer atau laptop tidak mau shutdown meski sudah dilakukan sesuai prosedur yang biasanya. (Baca juga prosedur shutdown, sleep, dan hibernasi).

Pada versi Windows yang lebih baru (8,8.1 dan 10) Microsoft telah memperkenalkan metode baru shutdown, yang disebut Hybrid Shutdown. Fitur ini diaktifkan secara default, dan ini mengurangi waktu shutdown.

Hybrid Shutdown mengurangi waktu shutdown dengan cara hibernasi sesi kernel. Ketika komputer/laptop dinyalakan kembali, sesi kernel dihidupkan dari hibernasi, sehingga mengurangi waktu boot juga.

Nah, yang sering bikin masalah adalah mematikan komputer dengan menekan tombol power. Cara mematikan komputer atau laptop seperti itu bisa membuat kerusakan hardware.

Memang adakalanya orang mematikan komputer/laptop secara paksa. Hal ini dilakukan karena setelah dilakukan prosedur mematikan komputer/laptop yang benar namun komputer atau laptop tidak bisa shutdown.

Ya terpaksa. Cara mematkan komputer/laptop dilakukan dengan menekan tombol power. Tapi, jangan asal pencet. Tekan tombol setidaknya 15 detik sebelum dilepas. Tujuannya, supaya proses berhentinya kerja hardware tidak seketika.

Cara yang lebih ekstrem, dengan melepas baterai laptop untuk mematikannya secara paksa. Hal ini terpaksa dilakukan jika prosedur shutdown sudah dilakukan, tombol power sudah ditekan, tapi laptop tetap tidak mau mati.

Masalah komputer/laptop tidak bisa shutdown adalah hal biasa. Untuk memperbaikinya, silahkan Baca juga : Cara memperbaiki Komputer/Laptop Tidak Bisa Shutdown).

Catatan ;

Khusus komputer desktop : Setelah mematikan komputer, jangan lupa matikan juga layar monitor Anda.

Demikian artikel tentang cara menghidupkan dan mematikan komputer/laptop secara baik dan benar. semoga bermanfaat.