Cara Menghemat Kuota Internet Smartphone

Cara Menghemat Kuota Internet Smartphone – Smartphone saat ini sudah bukan termasuk barang mewah lagi. Sebagian besar orang memiliki perangkat serbaguna ini. Umumnya smartphone digunakan untuk berkomunikasi via media sosial, browsing, atau streaming video dan musik melalui aplikasi seperti youtube. Oleh karena itu paket data internet saat ini seakan-akan sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang.

Namun, penggunaan kuota internet yang tidak terkontrol bisa menjadi tambahan beban bagi pengeluaran bulanan anda. Meskipun beberapa provider menawarkan produk paket data internet unlimited, tetap saja mereka menerapkan kebijakan berupa batas wajar pemakaian. Artinya, jika kuota paket data internet unlimited anda sudah habis, anda tetap bisa mengakses koneksi internet namun dengan kecepatan lebih lambat.

Nah, supaya tetap bisa mengakses koneksi internet dengan lancar, diperlukan solusi bagaimana cara menghemat kuota internet smartphone anda. Yang paling mudah adalah dengan cara menggunakan koneksi wifi jika berada di tempat-tempat yang menyediakan koneksi wifi gratis. Jika tidak sedang menggunakan koneksi wifi gratis anda bisa mencoba beberapa cara berikut :

Cara Menghemat Kuota Internet Smartphone


  • Kenali penggunaan data anda

Setiap orang mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda dalam menggunakan smartphone. Ada yang eksis di media sosial, ada yang suka bermain game, streaming video, atau mencoba-coba aplikasi android seperti aplikasi edit foto dan lain sebagainya. Oleh karena perbedaan itu, kuota internet smartphone tiap orang akan habis dengan cara berbeda.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Javascript Browser Google Chrome, Mozilla & Opera

Dengan mengetahui pola penggunaan data, anda bisa mengatur kapan saat yang tepat untuk menggunakan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan data yang besar. Misalnya mengunduh aplikasi android atau streaming video hanya saat terhubung dengan wifi gratis saja.

Cara mengetahui pola penggunaan data internet pada smartphone anda sebagai berikut : buka “settings”, kemudian pilih opsi “data usage’. Anda akan melihat berapa penggunaan data yang diperlukan oleh setiap aplikasi yang anda gunakan, baik saat mengakses internet dengan data seluler atau dengan wifi.

  • Matikan fitur update otomatis aplikasi-aplikasi android di smartphone anda

Fitur update otomatis sebenarnya sangat berguna supaya pengguna selalu mendapatkan versi terbaru dari setiap aplikasi. Dengan menggunakan versi terbaru, akan menguntungkan dari segi kelebihan fitur-fitur baru atau peningkatan fitur keamanan. Namun jika aplikasi yang anda gunakan sangat banyak, membiarkan fitur update otomatis akan menghabiskan kuota data internet anda dalam waktu singkat.

Bayangkan jika setiap 1 aplikasi android berukuran 50 MB. Dan anda memiliki 10 aplikasi berukuran serupa yang memerlukan update. Membiarkan update otomatis akan segera menghabiskan kuota internet anda sebesar  500 MB. Ini sangat besar, oleh karena itu sebaiknya anda matikan fitur update otomatis, dan hanya melakukan update aplikasi melalui koneksi wifi gratis saja.

Cara mematikan update otomatis aplikasi android adalah, buka Google Play Store kemudian lihat pojok kiri atas terdapat 3 garis horizontal. Tekan dan pilih opsi “settings”. Kemudian cari pilihan “Auto update apps”. Tekan, maka akan muncul 3 pilihan, 1. Do not auto update apps, 2. Auto update apps at any time, 3. Auto update apps over Wifi only.

Pilih opsi nomer 1 maka fitur auto update akan dinonaktifkan.

  • Manfaatkan fitur tonton offline Youtube

Jika anda suka menonton video di Youtube namun tidak ingin kuota internet cepat habis, maka fitur tonton offline Youtube akan sangat membantu. Anda hanya membutuhkan kuota internet saat pertama kali menyimpan file video Youtube secara offline. Selanjutnya anda bisa menontonnya berkali-kali bahkan saat tidak terhubung koneksi internet.

menonton video youtube secara offline - Cara Menghemat Kuota Internet Smartphone
menonton video youtube secara offline adalah salah satu cara menghemat kuota internet smartphone anda

Cara menonton video Youtube secara offline adalah pertama cari video yang akan anda tonton. Kemudian tekan lambang download seperti yang dilingkari merah dalam gambar. Maka akan muncul pilihan kualitas “save video offline” yang anda inginkan. Low-144p, Medium-360p, dan HD-720p. Setelah menentukan kualitas video yang anda inginkan klik “OK”. Tunggu sampai proses download selesai.

Baca Juga :  Cara membersihkan Memori Smartphone Android Yang penuh

Setelah video Youtube tersimpan, maka anda bisa menontonnya lagi saat tidak terkoneksi internet atau secara offline. Caranya, buka Youtube kemudian pada Tab profil anda akan tersedia daftar video offline yang tersimpan dalam smartphone anda. Pilih video yang mau anda tonton secara offline.

  • Download aplikasi, game, atau file hanya saat menggunakan wifi di tempat yang menyediakan secara gratis

Semakin hari aplikasi-aplikasi android atau game baru semakin banyak dan beragam. Tentu memilikinya akan sangat menyenangkan apalagi jika aplikasi android tersebut sangat berguna membantu pekerjaan sehari-hari.

Namun jika kita mendownload aplikasi atau game secara membabi buta tentu akan menghabiskan kuota internet smartphone kita. Oleh karena itu tentu lebih baik hanya mendownload aplikasi atau game saat terkoneksi dengan wifi gratis saja.

  • Kompresi data browser

Browser-browser seperti Google Chrome atau Opera Mini memiliki fitur kompresi data secara otomatis. Fitur ini sangat membantu memperkecil penggunaan data saat anda browsing dengan cara menggunakan server mereka untuk mengompres data situs yang anda kunjungi dikunjungi, lalu mengirimkannya kembali dalam bentuk data yang sudah diperkecil.

Demikian beberapa cara cara menghemat kuota internet smartphone yang layak anda coba.