8 Cara Menghadapi Pasangan Keras Kepala

Cara menghadapi Pasangan Keras Kepala Yang Menjengkelkan
Cara menghadapi pasangan keras kepala yang menjengkelkan adalah dengan selalu bersikap tenang, lembut dan penuh cinta. Di samping itu berbicaralah tentang suatu persoalan di waktu yang tepat dan mengerti kapan harus berhenti berdebat sesuatu yang tidak perlu.

Cara Menghadapi Pasangan Keras kepala – Sifat keras kepala adalah sesuatu yang buruk dan menjengkelkan. Tidak terkecuali dalam suatu hubungan. Mempunyai pasangan, baik itu pacar atau suami yang keras kepala bisa membuat hidup kita susah.

Cara menghadapi orang keras kepala gampang-gampang susah. Kamu bisa saja mendiamkannya saja, menganggapnya angin lalu. Namun, masalah tidak akan pernah selesai kalau hanya didiamkan. Kamu harus menghadapinya. Apalagi jika itu adalah pasangan kamu, orang yang selalu ada di samping kamu. Mendiamkannya, justru akan menambah masalah baru.

Wanita yang mengetahui bagaimana cara meluluhkan hati pria yang keras kepala adalah wanita yang sangat diidamkan setiap lelaki. Bagaimana pun, setiap lelaki tidak senang kalau dirinya didebat. Tapi, bukan berarti juga harus selalu di-iya-kan. Seorang wanita bijak akan selalu tahu bagaimana cara menghadapai pasangan keras kepala tanpa menyinggung perasaannya.

Nah, jika kamu merasa pasangan kamu adalah orang yang keras kepala, ada baiknya kamu membaca artikel ini. Kami akan memberikan beberapa tips bagaimana cara menghadapi pasangan keras kepala namun tetap berupaya menjaga keharmonisan hubungan kalian.

Cara Menghadapi Pasangan Keras Kepala

Bila pasangan kamu memiliki sifat keras kepala, kamu tidak perlu merasa bete. Di balik sifatnya itu, setiap laki-laki sebenarnya adalah makhluk yang lembut. Mungkin saja dia hanya tidak mampu mengungkapkan pendapatnya saja. Sehingga yang ada kalian berdua selalu berdebat tidak kunjung henti. Kalu dibiarkan berlangsung lama, hal ini akan mengganggu hubungan kalian kedepannya nanti.

Baca Juga :  11 Tanda Ini Adalah Sinyal Pasangan Anda Bisa Dipercaya Sepenuhnya

Untuk itu, di bawah ini adalah 8 tips yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghadapi pasangan keras kepala tanpa perlu menyakiti perasaan satu sama lain.

1. Tetap Tenang

Hal paling penting yang perlu kamu lakukan adalah memastikan bahwa situasi ini tidak membuat kamu stres. Tetap tenang. Tidak ada masalah yang tidak ada solusinya. Ambil napas dalam-dalam sebelum kamu berusaha untuk menyelesaikan masalah yang kalian hadapi bersama.

Sikap yang tenang akan membuat kamu selalu bisa berpikir jernih. Tidak terbawa emosi, meskipun pasangan kamu sangat keras kepala. Betapa pun kerasnya sikap seorang laki-laki, dia akan luluh oleh hati lembut seorang wanita.

2. Selalu Mencari Waktu Yang Tepat

Kamu harus memastikan bahwa kamu memilih waktu yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Jangan membahas masalah sulit ketika pasangan kamu sibuk dengan pekerjaan atau sibuk mengurus anak-anak atau sedang makan.

Pilihkan ketika waktu sedang senggang. Misalnya, ketika kalian berdua sedang menghabiskan waktu bersama dengan gembira. Pikiran yang jernih akan membuat kalian berdua lebih mudah memahami satu sama lain.

3. Buat Pendapatmu Mudah Dipahami

Sifat keras kepala muncul karena salah satu pihak tidak sepenuhnya memahami pihak lain. Jika kamu bisa menemukan cara yang baik untuk menjelaskan pendapatmu sehingga mudah dipahami, pasanganmu mungkin akan lebih bisa menerimanya.

Jangan berbicara terlalu banyak dan bertele-tele. Sampaikan pendapatmu dengan bahasa yang mudah dimengerti dengan nada yang lembut.

Kamu harus ingat, harga diri adalah ibarat permata seorang lelaki. Jangan sampai caramu menyampaikan pendapat seperti menggurui. Apalagi sampai menjatuhkan harga dirinya.

4. Coba Pahami Juga Dirinya

Empati adalah kualitas luar biasa yang harus dimiliki seorang manusia, termasuk wanita. Empati adalah kemampuan untuk memahami bagaimana perasaan orang lain dalam suatu situasi.

Baca Juga :  Ini Lho 6 Fakta Mengejutkan Hari Valentine!

Untuk memiliki empati, kamu harus jadi pendengar yang baik saat dia berbicara. dengan begitu, kamu bisa memahami maksudnya secara benar.

Empati yang tinggi dapat membantu mengatasi sifat keras kepala dalam suatu hubungan. Karena, seringkali kita merasa pasangan kita keras kepala, justru yang terjadi kita sendiri yang tidak memahami dirinya. Akibatnya, kita sering berbeda pendapat dengan pasangan, padahal satu sama lain tidak memahami titik persoalannya.

5. Cobalah Untuk Berkompromi

Banyak masalah akan selesai dengan sendirinya jika kedua belah pihak mau berkompromi. Tidak peduli apa masalahnya, kalian berdua harus berbicara satu sama lain dan kemudian mencoba untuk membuat kompromi yang baik untuk setiap orang. Win-win solution.

Sebaliknya, masalah tidak akan pernah selesai jika kedua pihak mau menang sendiri. Ingatlah, pada dasarnya manusia itu secara naluri selalu akan mempertahankan diri. Termasuk mempertahankan pendapat sebisanya.

Padahal, yang baik untuk dirimu belum tentu baik untuk dirinya. Begitu sebaliknya.

Jadi, solusi terbaik adalah berkompromi mencari solusi yang menguntungkan semua pihak.

6. Ingat Kapan Harus Berhenti Berdebat

Jika saat berdiskusi kamu merasakan emosimu meninggi, berhentilah sejenak. Melanjutkannya hanya akan membuatmu tidak bisa berpikir jernih.

Marah dan bertengkar tidak akan menyelesaikan masalah apa pun. Justru menambah masalah menjadi semakin pelik.

Selalu berdiskusi dalam keadaan sadar akan membuatmu mudah memahami situasi. Kamu juga lebih mudah memahami lawan bicaramu.

7. Mengubah Gaya Diskusi

Jangan terlalu memojokkan lawan bicara, meskipun kamu yakin 1000 persen dia salah. Sebagai manusia, pasti dia akan membela diri. Itulah sifat manusia.

Menyerang dengan agresif akan membuatmu berada dalam situasi yang sulit. Ingatlah, kamu berdiskusi untuk mencari solusi, bukan untuk mencari siapa yang paling benar.

Baca Juga :  16 Karakter Wanita Yang Disukai Pria Idaman Hati Anda

Kamu dapat menggunakan pendekatan persuasif sebagai cara untuk menghadapi pasangan keras kepala. Kalian berdua dapat bergaya seperti dua orang politisi dalam mengurus negara. Ingatlah, kalian berdua pasti menginginkan yang terbaik untuk hubungan kalian. Yang berbeda hanyalah bagaimana caranya.

Anggap perbedaan pendapat sebagai cara mencari solusi bukan sebagai ajang siapa benar siapa salah.

8. Ekspresikan Cintamu

Saat kamu menghadapi pasangan yang keras kepala, penting untuk mengekspresikan cinta kamu kepada dirinya. Biarkan pasangan kamu tahu bahwa bagaimana pun masalah ini akan berakhir, kamu akan tetap mencintainya dan tetap bersama dirinya.

Jangan menghadapi api dengan api. Nanti hubungan kalian akan terbakar habis. Cara meluluhkan hati pria yang keras kepala adalah dengan cinta. Ingatlah, perbedaan pendapat itu biasa dalam sebuah hubungan. Jagalah selalu hubungan kalian.

Merusak sebuah hubungan hanya membutuhkan waktu semenit. Padahal mungkin untuk membangunnya kalian membutuhkan waktu tahunan.

Kesimpulan

Memiliki pasangan keras kepala memang mengganggu. Namun, ini hanyalah masalah kecil dibandingkan besarnya hubungan kalian.

Larut dalam keinginan untuk saling menundukkan satu sama lain, bukanlah sebuah hubungan yang sehat. Kalian harus berusaha saling memahami satu sama lain.

Kekeraskepalaan tidaklah muncul secara tiba-tiba. Itu pasti ada sebabnya. Namun, apa pun itu, setiap hal pasti ada cara mengatasinya. Dan, daftar di atas adalah beberapa tips tentang bagaimana cara menghadapi pasangan keras kepala agar tetap menjaga keharmonisan suatu hubungan.