15 Cara Menggunakan Laptop Baru Beli Agar Awet

cara menggunakan laptop baru pertama kali asus, acer, lenovo, hp
Cara menggunakan laptop baru pertama kali, apa pun merk laptop itu, entah ASUS, ACER, LENOVO, Hp. dll pada prinsipnya sama saja

Cara Menggunakan Laptop Baru BeliLaptop adalah produk elektronik yang sudah sangat banyak dipergunakan, terutama oleh mahasiswa atau profesional. Namun, apakah saat membeli laptop langsung bisa digunakan tanpa perlu diapa-apakan terlebih dahulu?

Bagi yang sudah biasa menggunakan perangkat komputer, tentu tidak akan kebingungan bagaimana cara menggunakan laptop. Karena, pada dasarnya komputer desktop dan laptop sama saja. Yang membedakan salah satunya adalah, laptop bisa digunakan di mana saja sedangkan komputer desktop hanya diletakkan di tempat saja.

Tapi, bagi orang yang baru pertama kali menggunakan perangkat komputer akan bingung. Mereka tentu saja bertanya-tanya. Misalnya, bagaimana cara menggunakan laptop? Apa yang harus dilakukan saat pertama kali membeli laptop? Bagaimana setting laptop baru? Bagaimana cara instal software di laptop baru? Dan lain sebagainya.

Di artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara menggunakan laptop pertama kali / baru beli, termasuk apa saja yang harus diperhatikan saat membelinya.

Cara Menggunakan Laptop Baru Beli

Cara menggunakan laptop, apa pun merknya, entah ASUS, HP, LENOVO, ACER, DELL, dll, pada prinsipnya sama saja. Jadi, tips menggunakan laptop baru di bawah ini bisa diterapkan pada merk laptop apa pun yang baru saja Anda beli. (Baca juga : Daftar Merk Laptop Terbaik dan terpopuler Dunia Tahun Ini).

1. Mengecek kelengkapan dan kondisi laptop

Periksa dengan seksama kelengkapan laptop baru Anda, seperti charger / kabel adaptor, baterai, CD Driver, kartu garansi, dll.

Cek juga kondisi laptop, apakah semuanya dalam keadaan baik. Misal ada kerusakan, makin cepat diketahui tentu semakin bagus.

2. Instal sistem operasi (OS)

Jika Anda membeli laptop baru di toko di kota Anda (Offline), biasanya mereka dengan senang hati meng-instal-kan sistem operasi yang Anda inginkan. Apakah Windows atau Linux.

Namun, laptop baru yang dibeli di toko online umumnya belum terinstal sistem operasi. Laptop baru masih memakai sistem DOS, yang kebanyakan orang susah menggunakannya.

Maka, sangat penting meng-instal laptop yang baru Anda beli ini dengan sistem operasi. Supaya Anda bisa menggunakan laptop baru untuk pertama kali dengan mudah.

Baca Juga :  Cara Menghidupkan Laptop/Komputer Yang Tidak Mau Menyala/Mati

Untuk melakukan proses instal sistem operasi diperlukan pengetahuan khusus. Jika Anda belum pernah melakukannya, sebaiknya bawa ke ahlinya. Atau Anda bisa tonton Youtube tutorial instal windows.

Setelah sistem operasi terinstal, Anda perlu melakukan beberapa setting sebelum menggunakan laptop pertama kali. Salah satu yang diperlukan adalah mengatur setting supaya Windows melakukan pembaruan secara otomatis. Setting ini penting supaya sistem operasi laptop baru Anda selalu up to date.

3. Instal driver

Setelah instal dan setting sistem operasi selesai, selanjutnya Anda harus menginstal driver. Driver ini wajib diinstal supaya laptop baru Anda bisa digunakan secara normal.

Driver ini terkait dengan tampilan, audio, port USB, dll. Jika tidak dinstal, maka laptop baru Anda tidak akan bekerja secara optimal.

Cara instal driver laptop berbeda dengan instal OS Windows. Masukkan saja CD driver ke VCD/DVD drive. Biasanya panel dialog instalasi akan muncul secara otomatis dan Anda hanya tinggal klik next saja.

Namun, jika tidak, Anda bisa membuka File Explorer, cari file instalasi driver kemudian lakukan proses instalasi. File instalasi biasanya memiliki ekstension .exe.

4. Hapus Bloatware

Bloatware adalah software yang tersedia gratis dalam laptop baru Anda. Tentu saja enak mendapatkan software secara gratis. Kebanyakan aplikasi ini tidak diperlukan, namun menggunakan banyak ruang drive laptop Anda.

Bloatware biasanya ada di laptop dengan sistem operasi Windows. Aplikasi-aplikasi ini bukan produk Microsoft, tetapi aplikasi dari pihak ketiga. Mereka bekerja sama dengan Microsoft. Aplikasi-aplikasi ini ikut terinstal saat kita meng-instal windows.

Cara termudah untuk menghapus bloatware pihak ketiga adalah masuk ke control panel – programs. Pilih program aplikasi yang tidak diperlukan dan lakukan proses uninstal.

Pastikan Anda memeriksa pentingnya suatu aplikasi sebelum menghapusnya! Diamkan saja kalau tidak benar-benar yakin.

5. Instal Software Antivirus

Laptop baru masih bersih dari virus. Tetapi, untuk berjaga-jaga sejak awal seharusnya sudah dilindungi dengan software antivirus.

Untuk sistem operasi Windows sudah dilindungi dengan antivirus bawaan, yaitu, Windows Defender. Cek apakah Windows Defender di laptop baru Anda sudah aktif. (Baca juga : Cara Mengaktifkan / Menonaktifkan Windows Defender).

Setelah diaktifkan, Anda perlu memastikan apakah Windows Defender Laptop baru Anda sudah up to date. Masuk ke Setting > Update & security > Check for updates.

6. Instal software optimasi dan tweaking

Untuk menghadapi virus, Windows Defender sudah cukup. tetapi, untuk urusan tweaking, Anda perlu software semacam CCleaner.

Baca Juga :  10 Penyebab Gagal Booting Pada Laptop dan Komputer Desktop

Software seperti CCleaner mengoptimasi laptop baru Anda sehingga beroperasi lebih baik dan stabil.

Cara kerja aplikasi optimasi seperti ini adalah dengan membersihkan history, registry, atau uninstal aplikasi yang tidak diperlukan.

7. Instal browser

Windows sudah disertai browser bawaan yaitu Internet Explorer atau Microsoft Edge. Keduanya sudah cukup baik untuk mendukung aktivitas internet Anda.

Namun, jika Anda lebih suka browser lain, seperti Google Chrome dan Mozilla, silahkan diinstal. Sangat mudah, browsing ke website Chrome dan Mozilla menggunakan browser bawaan, masuk ke websitenya kemudian instal aplikasi yang sudah tersedia di sana secara gratis.

8. Instal Software Antipencurian

Windows 10 memiliki fitur keamanan built-in yang disebut Find My Device yang dapat menemukan laptop Anda jika dicuri atau lupa taruh di mana. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi gratis Prey (yang juga mendukung perangkat seluler), jika tidak menyukai fitur bawaan windows.

9. Optimalkan Pengaturan Daya

Keunggulan laptop adalah portabilitas, maka memaksimalkan masa pakai baterai harus menjadi prioritas. Beberapa penyesuaian sederhana sangat berarti. Selain untuk menghemat jam pemakaian bisa juga untuk memperpanjang umur baterai menjadi lebih awet. (Baca juga : Cara Menghemat/ Meningkatkan Masa Pakai Baterai Laptop).

Pertama, kurangi kecerahan layar laptop. Kecerahan yang lebih rendah membuat masa pakai baterai yang lebih lama. Tapi, jangan terlalu redup karena bisa menyebabkan kelelahan mata dan mental. (Baca juga : Cara Menaikkan / Menurunkan Cahaya Laptop).

Juga pertimbangkan untuk menggunakan mode Sleep dan / atau Hibernasi saat Anda meninggalkan laptop sementara waktu. Hal ini dapat menghemat daya tahan baterai.

Terakhir, sebaiknya tidak menggunakan Chrome. Chrome dikenal sebagai browser penguras baterai yang sangat besar. Memang ada beberapa cara untuk menguranginya, tetapi masih lebih buruk daripada browser lain.

Kami merekomendasikan menggunakan Opera, yang memiliki mode hemat baterai yang bagus. Atau, pakai saja Microsoft Edge. Selain lebih hemat baterai, juga tidak perlu menginstal browser lain karena ini adalah browser bawaan windows.

10. Setting Backup Otomatis

Bayangkan suatu saat nanti ketika laptop Anda penuh dengan dokumen, file proyek, file presentasi, foto, video, dan semua jenis data pribadi lainnya. Dan kemudian laptop Anda rusak. Semua file itu hilang untuk selamanya. Tentu sangat menyusahkan.

Jangan biarkan itu terjadi. Siapkan sistem cadangan sekarang sebelum terlambat.

Windows 10 memiliki beberapa metode pencadangan bawaan misalnya Pemulihan Sistem, Pencadangan dan Pemulihan, dan banyak lagi.

11. Setting Penyimpanan Cloud dan Sinkronisasi

Penyimpanan cloud adalah cara terbaik untuk membuat data Anda dapat diakses dari mana pun Anda berada, dan bahkan dapat bertindak sebagai semacam sistem semi-cadangan.

Baca Juga :  12 Hal Yang Harus Dicek Saat Membeli Laptop Baru atau Desktop

Apa itu penyimpanan cloud? Pada dasarnya, menyimpan salinan file Anda yang disinkronkan di server jarak jauh.

Jika laptop Anda mati atau hilang, file Anda masih ada di cloud. Anda bisa mengunduhnya dari perangkat apa saja dan di mana saja.

Tiga layanan cloud paling populer adalah Dropbox, Google Drive, dan OneDrive. Mereka masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi semuanya menawarkan paket gratis, jadi pakai saja semuanya.

Lakukan sinkronisasi supaya proses penyimpanan cloud berlangsung secara otomatis.

12. Minimalkan Panas

Laptop lebih rentan terhadap panas dibandingkan desktop. Casing desktop cukup besar dan memiliki ventilasi yang baik, sedangkan laptop memiliki sirkulasi udara yang buruk.

Panas berlebihan dapat menyebabkan CPU laptop berkinerja buruk, yang berarti kinerja sistem lebih lambat. Panas berlebih juga dapat mempersingkat masa pakai hard drive internal dan menyebabkan baterai kehilangan kapasitas pengisian total.

Ada beberapa cara untuk memperbaiki laptop yang terlalu panas, tetapi sebelum Anda mencapai titik itu, ada beberapa langkah pencegahan yang perlu dilakukan. Terutama saat menggunakan laptop baru.

  • Gunakan alas laptop dan berhenti menggunakan laptop di atas karpet, di tempat tidur, di sofa, dan bahkan di pangkuan Anda. Selalu letakkan di permukaan yang keras dan rata untuk meminimalkan debu.
  • Gunakan pendingin laptop untuk meningkatkan aliran udara.

13. Instal Aplikasi Favorit Anda

Laptop baru Anda siap digunakan, sekarang saatnya untuk menginstal semua aplikasi yang Anda perlukan. Misalnya, Microsoft Office. Aplikasi MS Office sepertinya sudah menjadi aplikasi yang wajib. Anda bisa mengetik menggunakan MS Office Word, membuat tabel perhitungan menggunakan MS Office Excell, membuat presnetasi menggunakan MS PowerPoint dan lain sebagainya.

Selain itu, mungkin Anda memerlukan aplikasi edit foto, video dll.

Tentukan dulu aplikasi apa yang benar-benar dibutuhkan. Jangan menginstal aplikasi terlalu banyak karena bisa memperberat kinerja laptop.

14. Lakukan Setting Kustomisasi / Personalisasi

Semua setting laptop baru sudah selesai. Sekarang saatnya untuk menjadikan laptop baru Anda mencerminkan kepribadian Anda. Atur tema sistem, wallpaper desktop, tata letak toolbars, dll.

15. Hindari Menggunakan Laptop langsung dari colokan

Cara menggunakan laptop yang sangat salah adalah mencolokannya secara langsung ke colokan dinding. Jika Anda sering melakukannya, kapasitas total baterai akan hilang lebih cepat. Kalau pun terpaksa, segera lepas colokan saat pengisian baterai telah 100%.

Demikian artikel tentang cara menggunakan laptop baru beli supaya lebih awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat.