4 Cara Mengecek Laptop Asli, Laptop Rakitan Atau Refurbished

Cara mengecek laptop asli – Tidak semua orang berpengalaman dalam membeli produk elektronik, misalnya membeli laptop. Adakalanya, karena tidak berhati-hati, maksud hati ingin membeli laptop baru, malah dapatnya laptop refurbished, laptop bekas, atau malah laptop rakitan.

Apa pun merk laptop yang ingin Anda beli, apakah ASUS, HP, LENOVO, DELL, APPLE Macbook, ACER, TOSHIBA, SAMSUNG, dll pastikan untuk berhati-hati. Bukan produsennya yang buruk, tetapi para reseller nakal lah yang harus diwaspadai. (Baca juga : Merk laptop terbaik dan terpopuler tahun ini).

Untuk membantu Anda mendapatkan gambaran bagaimana cara mengecek laptop asli, atau bagaimana membedakannya dengan laptop refurbished, laptop rakitan, atau bekas, silahkan baca artikel ini sampai habis.

Apa yang dimaksud laptop asli, resmi, rakitan, rekondisi, dan palsu?

Sebenarnya yang dimaksud laptop asli itu yang gimana sih? Laptop asli adalah laptop yang secara resmi diproduksi oleh produsennya sendiri.

Laptop refurbished adalah laptop bekas yang diperbarui kembali. Laptop refurbished bisa saja diperbarui secara resmi oleh produsennya sendiri. Maksudnya, tidak dilakukan oleh reseller nakal.

Contohnya, laptop Lenovo refurbished. Laptop lenovo yang di-refurbished secara resmi memiliki tanda stiker yang jelas dari pabriknya. Lenovo akan mengubah nomor seri laptop yang di-refurbished untuk membedakan dengan laptop baru. Misalnya, nomor seri awal adalah “6465-AU1” setelah refurbished menjadi “6465-RF1”. Tanda “Rxx” itu berarti “refurbished”.

Contoh lainnya, misalnya laptop Hp refurbished. Anda akan melihat tambahan R di akhir nomor seri laptop refurbished. Misalnya : NB234UA # ABA adalah nomor seri laptop baru dan NB234UAR # ABA adalah nomor seri laptop refurbished. Atau, KS453AV # ABA adalah nomor seri laptop baru, sedangkan KS453AVR # ABA adalah nomor seri laptop refurbished dari Hp.

Baca Juga :  6 Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop/PC Windows

Laptop refurbished yang secara resmi dikeluarkan oleh pabrik bisa dikatakan mempunyai kualitas yang masih bagus.

Namun, Anda harus berhati-hati, karena ada laptop yang “diperbarui” secara tidak resmi oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Laptop yang begini bisa disebut Laptop rekondisi.

Kalau saja pihak penjual dengan jujur mengatakan bahwa laptop yang dijualnya adalah laptop rekondisi, maka tidak jadi masalah. Anda bisa memperhitungkan harga beli yang sesuai untuk laptop rekondisi tersebut.

Ada lagi laptop rakitan. Laptop rakitan ini dirakit kembali menggunakan hardware-hardware lain. Sama seperti laptop rekondisi, kalau saja penjual jujur mengakui bahwa yang dijualnya adalah laptop rakitan, tidak akan jadi masalah. Yang penting harganya sesuai.

Kalau laptop bekas, tentu saja adalah laptop yang sudah dipakai. Banyak laptop bekas yang masih dalam konsisi sangat baik. Untuk pembeli dengan budget terbatas, membeli laptop bekas terkadang menjadi solusi yang bagus. (Baca juga : Tips membeli laptop second dan panduan mengecek yang benar).

Cara mengecek laptop asli

Ada cara mudah untuk meminimalisir “salah membeli laptop”. Pertama, ketahui dengan benar merk laptop apa, type laptop apa, spesifikasi laptop yang bagaimana yang akan Anda beli. (Baca juga : Perbandingan berbagai merk laptop).

Kedua, ketahui berapa kisaran harga laptop yang Anda incar itu.

Untuk mengetahui spesifikasi laptop dan kisaran harga laptop sangat mudah. Cukup searching dengan kata kunci merk laptop beserta typenya di mesin pencari, misalnya Google. Contoh, ketik saja ” Lenovo┬áThinkPad X240″. Maka, bertebaran hasil pencarian yang menampilkan spesifikasi lenovo thinkpad X240 dan berapa harga laptop tersebut.

Dengan data-data yang sudah Anda pegang, yaitu, merk laptop, type laptop, spesifikasi dan harganya, maka lebih mudah untuk mengidentifikasi laptop asli, refurbished, rekondisi, atau rakitan.

Baca Juga :  11 Cara Memperbaiki Komputer/Laptop Tidak Bisa Shutdown/Mati

Ada beberapa pertanda untuk mengetahui apakah laptop Anda baru atau bekas, pertama dari mana Anda membelinya, berapa harganya, dan bagaimana Anda menerima laptop baru tersebut?

Jika Anda ditawari “laptop baru” dari merk terkenal dengan type high end, tapi harganya sangat murah, Anda patut waspada. Hal seperti itu too good to be true.

Bisa saja itu adalah laptop rekondisi, laptop rakitan, atau malah laptop kanibal. Seberuntung-beruntungnya, itu adalah laptop BM.

Bagaimana jika laptop sudah telanjur diterima? Bagaimana cara mengecek laptop asli atau bukan? Di bawah ini kami berikan beberapa cara cek laptop. Kami akan berikan contoh cara mengecek laptop HP. Untuk laptop merk lain, secara umum sama saja.

Cara mengecek laptop HP

Mengetahui nama dan nomor produk dapat membantu Anda dalam banyak hal.

  • Nama produk (nomor model) : Misalnya, HP Spectre Folio – 13-ak0001na. Informasi ini diperlukan untuk mendapatkan dukungan purna jual.
  • Nomor produk (SKU, nomor komponen) : Nomor ini berguna jika Anda ingin mengunduh driver. Misalnya, 5ES85EA atau 5ES85EA # ABA.
  • Nomor seri : Nomor seri penting jika Anda ingin klaim garansi atau mendapatkan Dukungan Pelanggan HP.

Gunakan salah satu metode berikut untuk menemukan nama produk dan nomor model laptop HP.

1. Cek laptop Hp menggunakan HP Support Assistant.

  • Setiap laptop hp sudah tersedia aplikasi HP support assistant. Pertama klik start, cari dan buka aplikasi HP Support Assistant.

Jika belum ada aplikasi ini, bisa download HP Support Assistant.

  • Klik My devices tab.
cara mengecek laptop asli, rakitan, refurbished 1
Anda bisa melihat nama produk, nomor seri, dan nomor produk di tampilan HP Support Assistant. (sumber : https://support.hp.com)

2. Cek laptop Hp menggunakan BIOS

Anda bisa menemukan informasi produk, termasuk nomor produk dan nomor seri, pada layar System Information di BIOS.

  • Jika laptop masih hidup, matikan dulu.
  • Kemudian, tekan tombol power, lalu segera tekan tombol Esc berulang kali hingga menu startup muncul.
  • Tekan tombol F1 atau pilih System Information dari Menu Startup.
cara mengecek laptop asli, rakitan, refurbished 2
Tampilan informasi produk di BIOS (sumber : https://support.hp.com)

3. Cek laptop Hp secara fisik

Anda bisa mengecek nama produk, nomor produk, dan nomor seri di body laptop atau di kotak pengemasnya. Lokasi umum adalah sebagai berikut :

  • Di bagian belakang notebook
  • Di dalam kompartemen baterai
  • Pada box kemasan
  • Di sandaran laptop
Baca Juga :  Mudah, INI Cara Menampilkan Isi Flashdisk Tidak Terbaca

4. Cek laptop Hp dengan HP System Information tool.

Gunakan keyboard laptop, tekan tombol Fn dan Esc untuk membuka HP System Information. Di Windows 10, Anda mungkin perlu mengunduh HP System Information di Windows store.

Note : ini tidak berfungsi jika Anda menggunakan keyboard eksternal.

cara mengecek laptop asli, rakitan, refurbished 3
Informasi laptop Hp di tampilan Product System Information. (sumber : https://support.hp.com)

Setelah Anda mengetahui nama produk, nomor produk, dan nomor seri laptop Anda, maka dengan mudah bisa diketahui apakah itu laptop asli atau rakitan atau BM, atau lainnya.

Caranya, bandingkan nomor seri yang Anda lihat dengan 4 metode di atas. Jika itu laptop asli, maka keempat metode tadi akan menghasilkan data yang sama.

Jika berbeda, misalnya nomor seri di stiker yang tertempel di belakang laptop berbeda dengan nomor seri di BIOS maka patut dicurigai itu laptop rakitan atau rekondisi.

Jika nomor seri laptop mengandung huruf “R” dibelakangnya, maka bisa diduga itu laptop refurbished.

Cara mengecek laptop yang juga mudah adalah dengan mengecek kelengkapan laptop saat laptop itu dikirim ke rumah Anda. Anda bisa browsing dulu ke website resmi produsen laptop tersebut, cek apa saja kelengkapan laptop yang Anda peroleh jika membeli produk tersebut.

Jika kelengkapan laptop tidak ada, atau menunjukkan data yang berbeda, patut dicurigai itu bukan laptop asli atau laptop resmi. Misalnya, kartu garansi. Umumnya laptop resmi menjamin garansi paling tidak 1 sampai 2 tahun. Jika garansi kurang dari itu, silahkan tanyakan ke penjual.

Baca juga : Apa saja kelengkapan laptop baru beli?

Demikian artikel ringan kami tentang cara mengecek laptop asli, untuk membedakannya dengan laptop refurbished, laptop rakitan, atau laptop rekondisi. Semoga bermanfaat.