10 Cara Mengatasi Depresi Pada Diri Sendiri

cara mengatasi depresiCara Mengatasi Depresi – Depresi bisa menyerang siapa saja. Bahkan anak kecil juga bisa mengalami depresi, tertular secara psikologis dari orangtuanya. Tak peduli kaya atau miskin, tua muda, pria dan wanita bisa mengalami depresi.

Perasaan-perasaan murung, gelisah, mudah marah dan gejala buruk lain merupakan manifestasi dari sebuah keadaan yang sebenarnya tak pernah Anda inginkan terjadi. Situasi ini terjadi biasanya karena ada suatu keinginan yang tidak terealisasikan, rasa kecewa yang tidak tersampaikan, rasa marah yang terpendam dan lain-lain.

Cara Mengatasi Depresi Pada Diri Sendiri

Untuk mengatasi depresi kata kuncinya adalah bangkit, bangkit dan bangkit. Jangan memendam masalah terlalu lama. Pahit atau manis adalah realita kehidupan. Anda harus menghadapi semuanya. Biarkan mengalir, sadari apa yang terjadi dan berusahalah untuk menghadapinya.

Pada daftar di bawah, kami akan berikan beberapa contoh-contoh cara menghadapi depresi yang bisa dilakukan.

1. Ketahui Penyebabnya

Masalah apapun tidak akan pernah bisa diselesaikan tanpa diketahui penyebabnya. Duduklah tenang, pikirkan semua kejadian-kejadian yang Anda alami, adakah kesalahan-kesalahan di sana atau adakah situasi-situasi yang membuat Anda tidak nyaman.

Dengan duduk tenang, berfikir tenang, dan mengevaluasi kejadian-kejadian yang lalu, Anda bisa mencari sebab-sebab kenapa Anda tertekan secara batin. Buatlah catatan-catatan list atau daftar masalah-masalah tersebut. Daftar inilah yang harus Anda hadapi. Jadi mulai saat ini Anda sudah mengenali siapa “musuh” Anda. Kemudian carilah solusinya yang mungkin dan segera kerjakan.

2. Pergi Keluar Rumah

Bersembunyi saat memiliki masalah bukanlah keputusan bijak. Pada awalnya mungkin Anda merasakan ketenangan, namun jika terlalu lama justru menjadi bumerang. Anda bisa tambah suntuk, bosan, bahkan pikiran pun menjadi buntu.

Cobalah pergi keluar rumah, sekadar jalan-jalan, bersepeda ria dan bertemu atau menyapa tetangga. Ini cara murah dan gratis menenangkan pikiran. Memiliki duit lebih? Pergi saja ke pasar hingga ke mall. Belanja atau makan dapat merefresh pikiran yang jenuh dan kalut. Tidak perlu berbelanja mewah, minimal melihat-lihat model baju yang sedang tren, di kesempatan lain bila ada uang berlebih, Anda dapat membelinya.

Pemandangan di luar rumah, bertemu banyak orang dan berbincang mungkin hanya sesaat menghilangkan pikiran kalut. Setelah sampai di rumah, bisa kumat lagi. Tapi tak usah menyerah. Lakukan besoknya lagi dan lagi. Temui lebih banyak teman, nikmati hidup Anda. Jika lelah undanglah teman datang ke rumah. Intinya, carilah teman ngobrol atau sibukan diri Anda.

3. Meditasi

Meditasi bisa membantu untuk menenangkan pikiran yang kalut. Lepaskan semuanya, pasrahkan semuanya.

Cari ruangan tenang yang berada di dalam rumah. Anda bisa menggunakan minyak aroma terapi dan menyalakan musik lembut di telinga. Anda bisa mendengarkan jenis musik yang cocok untuk relaksasi, misalnya musik-musik instrumental yang menggunakan frekuensi 432 Hz. Silahkan googling untuk mendownload musik-musik jenis ini.

Sedikit informasi tentang musik dengan frekuensi 432 Hz. Frekuensi 432 Hz selaras dengan frekuensi alam semesta. Oleh karena itu, musik pada frekuensi ini mempunyai kemampuan untuk  membantu menumbuhkan energi positif bahkan memiliki efek menyembuhkan.

4. Atur Pola Makan

Mengkonsumsi makanan-makanan sehat bisa menjadi jalan keluar dari situasi depresi. Banyak orang memberikan testimoni bahwa ketika sedang depresi justru nafsu makannya bertambah dan tidak terkontrol. Banyak di antara mereka memakan makanan-makanan tidak sehat. Sehingga ketika depresi berat badannya pun menjadi tidak terkontrol.

Jadi, saat depresi, jika nafsu makan Anda bertambah hindarilah makanan-makanan seperti : Junkfood, minuman berkarbonasi, berpemanis, pengawat dan makanan instan.

Perbanyaklah mengonsumsi air putih, juga buah dan sayuran segar. Termasuk pula coklat, aneka kacang-kacangan, gandum, biji bunga matahari, kerang, biji labu, dan ikan tuna. Jenis yang disebutkan tadi banyak mengandung magnesium dan selenium, yang sangat berguna dibutuhkan pada tubuh yang mengalami depresi.

5. Olahraga

Mens sana in corpore sano yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jadi memang ada hubungan antara kesehatan fisik dengan kesehatan jiwa. Jika Anda tidak merawat tubuh dengan baik niscaya akan berpengaruh pada kesehatan jiwa Anda, misalnya mengalami depresi.

Olahraga membuat badan menjadi segar dan lebih sehat. Namun pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan usia Anda. Jangan memaksakan diri dengan jenis olahraga berat yang bisa saja menyakiti fisik Anda sendiri.

6. Curhat Ke Sahabat

Adakalanya sebuah “masalah” sebenarnya bukanlah masalah. Anda menganggapnya masalah hanya karena terlalu menyimpannya di dalam hati. Maka keluar dan berbicaralah. Jika ada kesalahpahaman selesaikanlah.

Bahkan jika itu benar-benar adalah sebuah masalah maka hanya dengan membicarakannya dengan seorang sahabat bisa meringankannya. Namun, ingatlah bahwa sahabat bukanlah “tempat sampah”, tempat Anda membuang semua masalah. Jadikanlah curhat sebagai komunikasi 2 arah. Biarkan juga sahabat Anda berbicara, menyampaikan sudut pandangnya. (Baca juga Ini bahayanya curhat di media sosial).

Kuncinya adalah berpikiran terbuka. Tidak ada gunanya Anda curhat kepada sahabat tetapi pikiran Anda sendiri sudah Anda bikin buntu sendiri. Seperti dikatakan tadi, adakalanya sebuah “masalah” justru bukanlah sebuah masalah. Siapa tahu dengan mendengar sudut pandang sahabat, Anda menyadari bahwa hal itu hanyalah sebuah kesalahpahaman semata.

7. Menulis

Menulis juga merupakan cara ampuh mengatasi depresi. Tidak perlu memaksa diri mengikuti kaidah penulisan yang baik dan benar. Tujuan menulis di sini bukan untuk menjadi penulis profesional, akan tetapi sebagai terapi kejiwaan. Jika mau menerapkan cara ini, ada banyak keuntungan dan manfaat yang bisa diraih antara lain :

  • Menenangkan pikiran
  • Menumbukan rasa percaya diri
  • Bisa menghasilkan uang tambahan

Pada poin terakhir dijelaskan memperoleh pendapatan, hal tersebut bisa saja terjadi bila mau serius menekuni hobi menulis. Sebab faktanya banyak penulis fiksi terlahir dari kisah-kisah curhatan mereka di buku harian. Anda pun dapat menirunya, berpeluang menjadi penulis dan mendapatkan pemasukan.

8. Pergi Berlibur

Pergi berlibur adalah salah satu cara paling efektif mengatasi depresi. Mengunjungi tempat-tempat baru, akan banyak pengalaman yang dipetik.

Berwisata tidak harus mengeluarkan dana lebih, karenanya pilihlah destinasi wisata liburan yang berbadget murah meriah, misalnya piknik di dalam kota sendiri.

9. Berusaha Menghindari Obat Penenang

Selagi masih bisa diatasi, jangan tergesa-gesa menggunakan obat penenang, apalagi tanpa rekomendasi dokter. Berusahalah menghindari semua itu. Jauh lebih baik bila mendekatkan diri pada yang kuasa, rajin beribadah dan berbuat kebaikan.

10. Berbisnis Dan Bertemu Orang Baru

Anda pasti memiliki hobi atau kesenangan bukan? Mengapa tidak dikerjakan secara serius dan diubah menjadi uang. Atau andaikata tidak memahami bakat diri, dapat pula menyibukkan diri dengan aktifitas lain, seperti berdagang. Hal ini selain untuk bisnis semata, Anda juga bisa lebih sering bertemu orang baru.

Sebenarnya bila ditelusuri dan dicari, ada banyak sekali ide-ide bisnis yang tidak begitu membutuhkan modal tinggi untuk memulai. Anggaplah semata-mata untuk mencari kesibukan, syukur-syukur bisa berkembang menjadi bisnis beneran. berikut adalah beberapa ide-ide bisnis kecil yang bisa dicoba mengisi waktu luang :

1. Merajut, Menjahit Atau Membuat Souvenir

Tiga skill yang disebutkan di atas tadi, merupakan hobi perempuan banget. Dan jangan diremehkan, bila serius dikerjakan, hasilnya dapat dijadikan sebagai ladang usaha.

2. Menulis

Penjelasan ini telah diuraikan pada keterangan sebelumnya, dan pada kenyataannya bukan isapan jempol belaka. Tak percaya? Coba Anda praktekan, bila memang ingin menjadi penulis betulan.

3. Membuka Bisnis Modal Kecil

Bisnis modal kecil, misalnya : Membuka warung di rumah untuk sarapan di pagi hari, membuat camilan kering dan aneka kue, warung mie ayam dan bakso di rumah. Banyak cara mampu Anda lakukan, asal ada niat.

Depresi bisa diatasi tergantung niat kuat penderitanya

Teryata depresi itu bisa diatasi asalkan ada keinginan untuk bangkit. Semua tergantung individu yang mengalami, akankah terus larut di dalamnya dan malas mencari jalan keluar, ataukah ada semangat untuk bangkit. Jadi sudah selayaknya masalah kecil tidak diperbesar, yang justru berimbas buruk pada kesehatan dan lingkungan Anda.

Kehidupan semakin kompleks dari hari ke hari. Manusia modern dituntut untuk mampu beradaptasi dengan baik. Agar tidak digilas jaman hanya ada satu jalan, yakni mematangkan ilmu dan skill yang dimiliki, supaya tetap dapat bersaing menghadapi rintangan yang ada di depan mata.