Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Windows Defender (Windows 7,8 & 10)

cara mengaktifkan dan mematikan windows defender 1

Windows Defender (atau Security Essentials) adalah aplikasi gratis dari Microsoft yang membantu melindungi komputer dari spyware, malware, virus, trojans dan perangkat lunak (software) berbahaya lainnya. Aplikasi ini tersedia untuk PC atau laptop yang menggunakan operating system Microsoft Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Namun karena banyak pengguna windows kadang lebih memilih menggunakan aplikasi antivirus pihak ketiga, maka ada keperluan untuk mengaktifkan atau mematikan antivirus ini. Di artikel ini kami akan menjelaskan secara rinci bagaimana cara mengaktifkan atau menonaktifkan Windows Defender.

Pada OS Windows 7 dan Vista, aplikasi antivirus ini diberi nama Security Essentials. Jika Anda ingin menggunakannya untuk melindungi komputer/laptop Anda, Anda dapat mengunduh dan menginstalnya langsung dari Situs Web Microsoft. Pada OS Windows 10 dan Windows 8, aplikasi ini sudah tersedia dan diaktifkan secara default pada sistem Anda, jika itu adalah satu-satunya software keamanan yang diinstal pada PC Anda.

Panduan ini dibagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama adalah petunjuk tentang cara mengaktifkan Windows Defender di komputer Anda dan beberapa tips pemecahan masalah umum saat mengaktifkannya. Sedangkan pada bagian kedua, tentang cara mematikan Windows Defender (jika Anda memiliki masalah dengan aplikasi ini, atau Anda lebih suka menggunakan aplikasi antivirus dari pihak ketiga).

Daftar Isi

1. Cara Mengaktifkan Windows Defender

Secara umum langkah-langkah yang diperlukan untuk mengaktifkan aplikasi antivirus bawaan ini pada OS Windows 7, Windows 8, 8.1, Windows 10, atau Vista, sama saja. Hanya ada perbedaan sedikit, karena ada perbedaan nama dari Windows defender menjadi Security Essentials (MSE) pada OS Windows 7 dan Vista.

A. Cara mengaktifkan Windows Defender/Security Essentials (MSE) pada OS Windows 7 dan Vista