Cara Mengaktifkan Javascript Browser Google Chrome, Mozilla & Opera

Cara Mengaktifkan Javascript Browser Smartphone Android
Cara mengaktifkan javascript browser di Smartphone Android berbeda-beda tergantung pada browser yang digunakan

Cara Mengaktifkan Javascript Browser Google Chrome, Mozilla & Opera – Javascript, menjadi salah satu bahasa pemrogramman yang paling populer dan dicari semua orang saat ini. Umumnya hal tersebut digunakan pada web browser, guna kepentingan menghadirkan konten-konten yang memiliki sifat dinamis, serta pesan pop-up dan semacamnya. Seiring berkembangnya waktu, makin banyak digunakan oleh para developer web, untuk menambahkan fungsi dari web yang dikembangkannya.

Dapat kita perhatikan, bahwa semua halaman web sekarang, sudah dibekali fitur canggih itu. Fitur ini bersifat ‘’Client Side Programming’’. Maksudnya di sini proses pengolahan data pada bahasa pemrogramman Javascript, dikerjakan oleh pengguna atau client menggunakan aplikasi client, yang berupa web browser. Dan seperti biasa, tak ada tehnologi di muka bumi ini yang benar-benar sempurna. Begitu pula yang terjadi pada bahasa pemrograman Javascript. Kelebihan dan kekurangannnya, pasti juga menyertai keberadaannya.

Pengaplikasian Javascript, dapat Anda perhatikan pada sebagian besar konten interaktif di situs web. Misalnya : Keranjang belanja pada situs belanja e-commerce, slider di website company profile dan lain sebagainya. Umumnya diaktifkan pada seluruh browser, tanpa terkecuali sekalipun pada Android yang belum terinstall sama sekali. Namun oleh sebab suatu hal, terkadang aplikasi tersebut tidak terpasang sempurna pada smartphone. Dinonaktifkan tanpa sengetahuan penggunanya. Atau bisa jadi Anda sendiri yang mematikan, tak bisa menghidupkannya lagi, karena lupa caranya. (Baca juga : Cara Menghemat Kuota Internet).

Cara Mengaktifkan Javascript Browser Pada Smartphone Android

Pada artikel ini, akan mencoba membantu kesulitan Anda, dan berikut tips untuk mengaktifkan javascript pada beberapa browser yang umum digunakan pada Smartphone :

Baca Juga :  Daftar Merk Smartphone Terbaik Dan Terpopuler di Dunia

1. Cara Mengaktifkan Javascript Browser Bawaan Android

Pada setiap smarthone, apikasi browser bawaan sebetulnya telah disediakan oleh vendor pada masing-masing produk yang diusungnya. Tinggal Anda mencari pada layar ponsel. Kemudian ikuti petunjuk di bawah ini!

  • Bukalah Browser Bawaan itu pada perangkat Android Anda. Ketersediaannya tentu saja menurut versi Android dan merek perangkatnya itu sendiri, yang Anda gunakan sekarang. Ummnya bernama ‘’Browser’’ atau ‘’Internet’’.
  • Kemudian sentuh ikon browser tersebut, untuk membuka. Jika ikon browser tidak tersedia pada layar perangkat, cobalah periksa daftar aplikasi.
  • Sentuh lagi tombol Menu pada browser. Biasanya terletak pada browser bawaan perangkat Android yang terletak pada pojok kanan atas dari layar perangkat Android.
  • Pilih ‘’Settings’’ untuk membuka menu pengaturan browser. Opsi tersebut biasanya terletak di bagian bawah Menu.
  • Pilih ‘’Advanced’’. Dalam opsi ini, Anda akan melihat opsi tingkat lanjut untuk browser bawaan Android yang Anda gunakan.
  • Beri tanda centang pada opsi ‘’Enable Javascript’’. Setelah opsi tersebut dicentang, Javascript akan aktif.
  • Anda bisa menutup menu ‘’Settings’’. Lalu muat ulang (reload) halaman web yang sedang dibuka, untuk melihat perubahan yang terjadi setelah Javascript diaktifkan.

2. Cara Mengaktifkan Javascript Browser Google Chrome

Sama seperti browser bawaan, browser Google Chrome sebenarnya juga telah tersedia untuk semua jenis merk dan tipe smartphone. Tugas Anda hanyalah mencari dan menemukannya. Kemudian ikuti petunjuk berikut :

  • Bukalah Google Chrome di perangkat Android Anda. Fitur tersebut dapat Anda temukan dengan mudah pada layar Beranda atau daftar aplikasi di perangkat Android. Seperti yang sudah disinggung tadi, bahwa aplikasi tersebut juga masuk ke dalam browser bawaan. Alasannya hanya satu, yaitu karena Android merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Google. Dan Google Chrome, pada umumnya disematkan developer smartphone di tiap-tiap produk unggulannya. Masuk dalam layanan dasar yang diberikan Google, terhadap distribusi sistem operasi Android.
  • Sentuh tombol Menu. Tombol itu mempunyai ikon bentuk tiga tumpukan kotak vertikal, dan posisinya berada di pojok kanan atas layar perangkat Android.
  • Pilih ‘’Setting’’. Menu ini biasanya berada di bagian bawah layar. Anda mungkin perlu menggeser jendela Menu untuk menemukannya.
  • Pilih ‘’Content Settings’’. Pada tampilan menu Settings, cari opsi ‘’Content Settings’’ yang
    biasanya berada pada kategori ‘’Advanced’’.
  • Beri tanda centang pada opsi ‘’Enable Java Script’’. Setelah opsi tersebut dicentang, Javascript pada browser secara otomatis akan menjadi aktif.
  • Anda bisa menutup menu ‘’Settings’’, kemudian muatlah ulang (reload) halaman web yang sedang dibuka, untuk melihat yang terjadi setelah Javascript diaktifkan.
Baca Juga :  Cara Membedakan Charger Asli Dan Palsu Tiap Merk Smartphone

3. Cara Mengaktifkan Javascript Browser Mozilla Firefox

Bila Anda lebih memilih menggunakan Mozilla Firefox, daripada browser bawaan Android, maka Anda bisa mendownload aplikasinya di Google Playstore. Setelah itu, jika Anda ingin mengaktifkan javascript pada browser ini, Anda bisa mengikuti tips yang kami berikan di bawah.

Berbeda dengan browser lain, pada Mozilla Firefox, pengaturan mengaktifkan dan mematikan Javascript tidak tersedia pada menu pengaturan umum. Anda harus mengaktifkan/mematikan javascrpit melalui menu konfigurasi. Namun ada satu hal yang harus Anda ingat, dengan mengubah pengaturan browser melalui halaman konfigurasi, Anda harus siap menerima kerusakan pada browser Mozilla Firefox Anda. Oleh sebab itu lakukan dengan hati-hati.

Sebagai langkah pertama, carilah ikon Mozilla Firefox di layar utama atau daftar aplikasi di perangkat ponsel, lalu ikuti petunjuknya seperti berikut :

  • Buka halaman pengaturan halaman browser. Sudah dikatakan tadi, bahwa browser Mozilla Firefox pengaturan Javascript-nya disembunyikan. Jadi Anda harus mengakses halaman pengaturan yang tersembunyi di browser untuk mengubahnya. Untuk membukanya, ketik ‘’About Config’’(tanpa tanda kutip) di kolom alamat browser.
  • Temukan Javascript, karena halaman tersebut banyak opsi. Cari melalui kolom pencarian dan ketik ‘’Javascript’’ (tanpa tanda kutip) untuk lebih mudah menemukannya.
  • Cari opsi ‘’Javascript Enabled’’. Terletak di posisi kedua dari terakhir pada hasil pencarian.
  • Temukan, lalu pilih ‘’Toggle’’ untuk mengubah pengaturan dari ‘’False’’ menjadi ‘’True’’. Kemudian Javascript pada browser Mozilla Firefox akan aktif.
  • Muat ulang (reload) halaman web yang sedang dibuka, guna melihat perubahan yang terjadi setelah Javascript diaktifkan.

4. Cara mengaktifkan Javascript Browser Opera Mobile

Browser ini identik dengan ‘’Feature Phone’’ dan memiliki Opera Mini atau Opera Mobile. Bisa pula dipergunakan untuk mendukung fitur Javascript. Penasaran? Berikut caranya :

  • Buka browser Opera Mobile pada perangkat Android Anda.
  • Pada tampilan browser Opera Mobile, sentuh addres bar dan ketik ‘’Opera Config’’ (tanpa
    tanda kutip). Lalu sentuh Enter.
  • Selanjutnya akan muncul halaman pengaturan dari browser Opera Mobile. Ketik ‘’Scripting’’pada kolom pencarian ‘’Quick Find’’. Kemudian akan muncul kelompok pengaturan Extensions, tempat pengaturan ‘’Scripting’’ berada.
  • Beri tanda centang pada opsi ‘’Scripting’’ lalu pilih tombol ‘’Save’’.
  • Pilih tombol OK saat jendela dialog muncul.
  • Setelah itu muat ulang (reload) halaman web yang sedang Anda buka saat ini untuk melihat perubahan yang terjadi ketika Javascript telah diaktifkan.
Baca Juga :  Cara membersihkan Memori Smartphone Android Yang penuh

Kesimpulannya, jangan kaget saat tiba-tiba Anda membuka sebuah situs halaman web, namun tidak bisa ditampilkan dengan sempurna. Anda sudah tahu penyebabnya bukan? Yakni fiturJavascript yang belum Anda aktifkan. Bisa saja sengaja dimatikan dan Anda lupa mengaktifkannya kembali, saat mengunjungi suatu halaman web yang memerlukan Javascript. Karenanya, pastikan fitur ini selalu aktif jika Anda memerlukan tampilan web yang sempurna. Jika Anda lupa, bisa membaca kembali tips kami tentang cara mengaktifkan javascript broswser android di web ini. (Baca juga : Cara membersihkan Memori Yang Penuh Di Smartphone Android)