6 Cara Mempromosikan Bisnis Kecil di Facebook Secara Efektif

Cara mempromosikan bisnis kecil melalui Facebook Page
Cara mempromosikan bisnis UKM di Facebook bisa secara gratis maupun berbayar dengan beriklan di Facebook. Keduanya membutuhkan tip dan triks supaya berjalan efektif dan efisien

Cara Mempromosikan Bisnis Kecil di Facebook – Facebook adalah situs jejaring sosial yang sangat populer. Menurut data, terdapat 2 miliar pengguna Facebook di seluruh dunia. Sejak didirikan pada 2004, aplikasi media sosial ini telah berkembang dengan sangat pesat. Saat ini, selain digunakan sebagai situs pertemanan online, juga banyak digunakan sebagai salah satu cara berbisnis secara online. Cara jualan lewat Facebook sangat prospektif. Selain karena popularitasnya yang tinggi, juga harga beriklan di Facebook yang relatif murah dibandingkan platform periklanan lain.

Mempromosikan bisnis di Facebook gampang-gampang susah. Susah jika tidak mengerti caranya tetapi sangat mudah jika sudah paham seluk-beluk memanfaatkan media sosial ini untuk menghasilkan penjualan yang efektif.

Beriklan di Facebook relatif mudah dibandingkan dengan platform lain dan konsumen pun bisa sangat ditargetkan. Tetapi ada begitu banyak tips dan trik yang perlu diterapkan agar iklan Anda menghasilkan konversi yang bagus. Artinya Anda harus berupaya mengeluarkan investasi yang rendah untuk mendapatkan hasil yang lebih besar.

Dengan begitu banyak cara untuk mempromosikan bisnis Anda di Facebook, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Berikut adalah enam langkah mudah untuk memanfaatkan Facebook untuk bisnis kecil Anda.

Cara Mempromosikan Bisnis Melalui Facebook

Ada banyak tip dan trik untuk memanfaatkan media sosial seperti Facebook untuk mengembangkan bisnis. Ada yang gratis seperti memanfaatkan fitur like dan share sampai yang berbayar dengan memasang iklan di Facebook. Berikut adalah beberapa tip dan trik yang bisa Anda coba sebagai langkah awal sebagai pemula :

1. Buat halaman bisnis

Memiliki halaman Facebook membantu melegitimasi bisnis Anda di mata pelanggan. Halaman Facebook juga membantu bisnis Anda menjangkau lebih banyak pelanggan potensial yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan oleh bisnis offline.

Baca Juga :  Cara Memasang Iklan Facebook (Panduan Lengkap)

Jika Anda ingin memanfaatkan sosial media Facebook secara solid dan profesional, Anda perlu membuat halaman terpisah untuk bisnis Anda – terpisah dari profil pribadi Facebook Anda. Halaman Facebook pada dasarnya sama seperti profil facebook biasa, tetapi dikhususkan untuk merek dan bisnis (baik itu komersial maupun non komersial). Selain itu, alih-alih meminta seseorang untuk menjadi “teman”, pengguna harus “menyukai” halaman untuk melihat postingan di halaman. Anda juga bisa mengundang teman untuk menyukai halaman Anda.

Setelah membuat halaman Facebook untuk bisnis Anda, ada banyak opsi untuk menyesuaikannya kemudian. Anda harus menambahkan sebanyak mungkin informasi tentang bisnis Anda, termasuk alamat bisnis Anda, informasi kontak, situs web, jam kerja, produk, dll. Penting juga untuk menambahkan profil dan menampilkan foto atau video yang mencerminkan apa yang dilakukan bisnis Anda.

2. Posting secara teratur.

Menggunakan Facebook untuk mempromosikan bisnis Anda, tidak cukup dari sekadar membuat halaman Facebook – Anda perlu menggunakannya dan mempostingnya secara teratur. Buatlah postingan secara teratur, minimal sekali per hari. Dengan memposting secara teratur maka pelanggan Anda akan semakin mengenal bisnis Anda dan dapat berinteraksi secara intens dengan Anda. (Baca juga konten marketing sebagai strategi branding produk).

Meskipun penting untuk memposting secara teratur, jangan memposting sembarangan. Postinglah konten-konten berkualitas. Postingan tidak selalu harus tentang produk-produk yang Anda jual. Anda juga terkadang harus memposting artikel-artikel menarik yang terkait bisnis Anda. Jadi fungsi sebuah konten bukanlah sekedar memberikan informasi produk semata tetapi juga sekaligus menjaga halaman Facebook terlihat selalu fresh dan update, sekaligus informatif dan komunikatif.

Sangat disarankan untuk membuat postingan yang membagikan informasi di balik layar dan foto tentang karyawan Anda dan yang memamerkan produk atau layanan Anda. Ini menunjukkan dedikasi Anda terhadap transparansi dan kualitas. Posting seperti ini akan meningkatkan kredibilitas Bisnis Anda di mata konsumen – bahwa bisnis Anda benar-benar real dan sebuah bisnis yang berkembang.

Jika Anda tidak yakin apa yang ingin dilihat pelanggan Anda, Anda bisa bereksperimen. Anda dapat menggunakan fitur jajak pendapat Facebook untuk menanyakan apa yang ingin mereka lihat.

Baca Juga :  8 Panduan Menggunakan Facebook untuk Promosi Bisnis

Gunakan juga fitur Facebook Page Insight, yang berisi informasi kinerja halaman Facebook Anda. Facebook Insights, gratis untuk setiap halaman bisnis. Fitur ini menunjukkan informasi berharga, seperti berapa banyak orang yang terlibat dengan setiap posting dan berapa banyak orang yang terhubung dengan postingan.

3. Promosikan halaman Facebook Anda

Apa gunanya berbagi dan membuat konten hebat jika tidak ada yang melihatnya? Untungnya, ada cara untuk meningkatkan follower halaman Facebook dengan cepat. Saat pertama kali membuat halaman Anda, kirim undangan melalui Facebook ke pelanggan-pelanggan setia Anda saat ini.

Teknik pemasaran tradisional juga dapat membantu Anda meningkatkan follower Anda. Anda harus mencantumkan tautan ke halaman Facebook Anda di email signature Anda dan di kartu nama Anda. Sangat disarankan pula untuk menautkan semua akun sosial media Anda di situs web dan materi pemasaran apa pun yang Anda hasilkan (misalkan brosur, pamflet dll). (Baca juga Tips memanfaatkan Website Untuk Jualan Online Secara Efektif).

Pasang kupon khusus atau promosi di halaman Facebook Anda, dan beri tahu pelanggan untuk menyukai halaman Anda untuk mendapatkan diskon-diskon khusus. Jika Anda membuat URL Facebook yang sederhana dan mudah diingat, lebih mudah untuk mempromosikannya.

4. Berinteraksi dengan follower Anda

Algoritma Facebook mendukung posting dan halaman yang menciptakan keterlibatan. Sebelum memposting apa pun di Facebook, Anda harus bertanya pada diri sendiri apakah itu akan menciptakan interaksi dengan follower (misalnya like, komen, dan share). Penting juga untuk diingat bahwa Facebook adalah platform media sosial, jadi Anda harus bersosialisasi – selalu sempatkan diri untuk menjawab komentar yang masuk di postingan Anda.

Dengan berinteraksi, Anda akan mengenali apa kebutuhan pelanggan Anda. Interaksi yang intens misalnya menanggapi komentar, pertanyaan, bahkan kekecewaan pelanggan secara baik akan sangat membantu menumbuhkan bisnis Anda.

Kunci terjadinya interaksi adalah memposting konten berkualitas. Untuk hasil terbaik, cobalah bersikap ramah dan komunikatif. Selalu berikan informasi yang up to date dan tanggapi komentar dan pesan pribadi.

Baca Juga :  5 Cara Jualan Online Yang Efektif Dan Cepat Laku

5. Memanfaatkan teman penggemar

Orang-orang kemungkinan besar akan mencoba sesuatu jika teman-teman mereka sudah menggunakannya. Oleh karena itu, cobalah untuk menjangkau teman-teman dari follower Anda. Manfaatkan follower Anda sebagai kepanjangan tangan strategi marketing Anda.

Anda bisa meminta ijin kepada pelanggan setia Anda untuk ditandai (tag) pada postingan-postingan baru Anda. Minta tolonglah kepada mereka untuk ikut membagikan postingan-postingan Anda. Dengan demikian, jangkauan halaman Facebook Anda akan semakin luas sehingga konsumen potensial Anda akan bertambah.

Selain itu, saat Anda memposting konten yang menarik, berkualitas dan menimbulkan interaksi maka hal ini juga meningkatkan jangkauan halaman Anda ke teman-teman follower halaman Anda. Ketika pelanggan berinteraksi dengan halaman Anda, teman-teman mereka akan melihat aktivitas di newsfeeds mereka. Anda juga dapat mengembangkan lebih banyak interaksi menggunakan jajak pendapat dan mengajukan pertanyaan yang ingin dijawab oleh follower.

6. Coba iklan Facebook

Jika Anda mengalami masalah dalam menjangkau pengguna secara organik, cobalah iklan Facebook. Postingan Facebook yang dipromosikan terlihat seperti postingan biasa tetapi sangat ditargetkan dan menjangkau lebih banyak orang.

Alat Facebook sangat efektif dan memudahkan untuk menargetkan audiens yang spesifik. Anda dapat menargetkan orang-orang yang menyukai halaman Anda atau berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin dan minat. Karena Facebook mengumpulkan data pengguna, itu dapat menargetkan iklan Anda kepada mereka yang kemungkinan besar tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Platform ini juga dilengkapi alat analitik untuk membantu Anda memahami iklan mana yang mendorong minat dan penjualan.

Cara Mempromosikan Bisnis Di Facebook Secara Efektif dan Efisien

Mempromosikan bisnis melalui media sosial Facebook bisa dilakukan secara gratis atau berbayar melalui iklan Facebook. Sangat penting melakukannya dengan mempertimbangkan usaha yang dilakukan dibandingkan hasilnya. Oleh karena itu dengan mempraktekkan cara mempromosikan bisnis melalui Facebook di atas secara rinci, pelan tapi pasti Anda akan menuai hasil yang baik. Seiring pengalaman Anda akan semakin ahli memanfaatkan Facebook sebagai media jualan online.