Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Murah, Dan Cepat

cara memerahkan bibir
Bibir merah merona adalah idaman setiap wanita. Dapatkan berbagai tips cara memerahkan bibir secara alami, murah dan cepat di artikel berikut

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami – Bibir merah merona adalah salah satu modal seorang wanita untuk meningkatkan kepercayaan diri. Selain menampakkan kecantikan, hal ini juga memperlihatkan tingkat kesehatan seorang wanita. Tidak heran jika sebagian besar wanita sangat suka menggunakan lipstik sebagai cara membuat bibir merah.

Saat ini produk-produk lipstik berbagai merk sangat banyak tersedia di pasaran, dari yang berharga murah sampai yang berharga sangat mahal. Namun menggunakan lipstik sebagai cara memerahkan bibir kadangkala tidaklah terlalu tepat. Karena sebenarnya sangat banyak cara-cara alami yang bisa dipilih. Selain lebih murah, cara alami juga relatif lebih aman.

Secara normal, bibir memang harusnya berwarna merah. Hal ini terjadi karena permukaan bibir itu adalah sebuah bentuk transisi antara kulit dan selaput. Karena bentuk transisi ini tidak memiliki warna maka pembuluh darah yang terdapat pada bibir terlihat. Jadi sebenarnya warna merah bibir itu adalah warna darah yang mengaliri pembuluh darah.

Lalu kenapa bibir bisa berwarna gelap bahkan hitam? Penyebabnya bisa berbagai hal. Dari faktor alamiah sampai faktor pola hidup. Berikut beberapa penyebab warna bibir menjadi gelap :

  • Faktor usia : Seiring bertambahnya umur, warna bibir kita akan semakin gelap. Hal ini terjadi karena produksi enzim dan hormon yang bermanfaat menjaga tampilan fisik semakin berkurang.
  • Faktor cuaca : Bila cuaca dingin, pembuluh darah di bibir mengkerut sehingga aliran darah tidak terlihat dari luar. Akibatnya bibir berubah warna menjadi lebih gelap, biasanya biru pucat.
  • Kebiasaan merokok : kandungan nikotin pada rokok diketahui dapat merusak kesehatan kulit dan mengotori bibir. Akibatnya warna merah bibir menghilang berubah menjadi hitam. Selain itu, panas dari rokok juga secara langsung merusak permukaan bibir yang tipis dan sensitif. Jika kebiasaan merokok sudah berlangsung lama, hal ini juga berkontribusi terhadap berubahnya warna bibir.
  • Makanan dan minuman : Kopi, minuman beralkohol, serta minuman bersoda juga menyebabkan bibir menjadi menghitam. Meskipun prosesnya secara bertahap dan perlu waktu lama.
  • Paparan sinar matahari : Sinar matahari yang berlebihan akan menyebabkan kerusakan permukaan bibir. Hal ini menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Lama-kelamaan bibir akan kehilangan warna merahnya.

Perubahan warna bibir biasanya tidak berlangsung serta merta. Prosesnya secara bertahap dan membutuhkan waktu. Awalnya bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Jika tidak segera dilakukan perawatan yang tepat lama-kelamaan bibir akan berubah menjadi hitam.

Di bawah ini adalah kumpulan beberapa tips yang bisa anda gunakan sebagai cara memerahkan bibir secara alami dengan mudah :

Cara memerahkan bibir Dengan Madu

Madu mempunyai banyak khasiat, salah satunya untuk membuat bibir merah. Dengan mengoleskan madu secara merata maka sel-sel kulit mati yang ada di permukaan bibir akan dibersihkan. Adanya sel-sel kulit mati mengganggu sirkulasi kulit. Dengan tidak lagi sel kulit mati tersebut, madu bisa merangsang terbentuknya kolagen baru di permukaan bibir. Kolagen sangat bermanfaat untuk menunda penuaan dini.

Berikut adalah beberapa tips cara memerahkan bibir dengan madu secara cepat :

Baca Juga :  3 Tips Tampil Cantik Dengan Kulit Sehat

1. Mengoleskan madu murni ke permukaan bibir secara teratur

Tidak perlu bahan tambahan lain, cukup gunakan madu saja. Kalau bisa mendapatkan madu asli, tentu hasilnya akan lebih baik.

2. Menggunakan campuran madu dan gula

Khasiat madu untuk kesehatan kulit sudah dijelaskan di atas. Lalu apa fungsi gula? ternyata gula adalah salah satu bahan alami yang berkhasiat untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Oleskan campuran madu dan gula secara merata di permukaan bibir anda secara teratur. Sebaiknya sebelum ramuan ini digunakan, bibir terlebih dahulu dibersihkan dari sel-sel kulit mati. Anda bisa menggunakan air putih biasa saja.

Gunakan ramuan ini cukup 10-15 detik saja setiap selesai mandi. Diamkan sebentar sampai kering, kemudian bilas sampai bersih. jika anda melakukan hal ini secara rutin maka bibir merah merona akan segera anda miliki kembali.

3. Menggunakan campuran madu dan jeruk nipis

Campurkan madu dan perasan air jeruk nipis dengan perbandingan 2:1. 2 sendok teh madu dicampur dengan 1 sendok teh air jeruk nipis. Oleskan secara merata dan diamkan kira-kira 10 menit atau sampai kering. Kemudian bersihkan dengan air hangat.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, ramuan ini harus digunakan secara rutin, paling tidak selama 1 bulan.

4. Menggunakan campuran madu dan kunyit

Kunyit adalah bahan alami yang mempunyai banyak sekali khasit. Curcuminoid, salah satu kandungan kunyit dipercaya mampu meningkatkan jumlah kolagen di permukaan bibir. Jika dikombinasikan dengan madu yang juga mempunyai khasiat serupa maka hasilnya tentu akan lebih optimal.

Cara memerahkan bibir dengan campuran kunyit dan madu adalah sebagai berikut : Campurkan bubuk kunyit dengan 1 sendok teh madu. Kemudian oleskan secara merata ramuan ini setiap selesai mandi dan sebelum tidur. Lakukan secara rutin untuk memperoleh hasil optimal.

Cara Memerahkan Bibir Dengan Jeruk nipis

Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. seperti diketahui vitamin C berkhasiat sebagai anti oksidan, yaitu untuk mencegah reaksi dengan radikal bebas. Khasiat ini membuat vitamin C mampu berperan untuk mencegah penuaan dini. Selain itu vitamin C juga membantu membersihkan permukaan bibir dari sumbatan sel-sel kulit mati.

Berikut adalah beberapa tips cara memerahkan bibir dengan jeruk nipis :

1. Mengoleskan air perasan jeruk nipis ke permukaan bibir secara teratur

Tidak perlu bahan tambahan lain, cukup gunakan air jeruk nipis saja. Air jeruk nipis mempunyai khasiat sebagai pemutih alami. Khasiat lainnya antara lain membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menymbat pori-pori.

Anda bisa memeras jeruk nipis ini kemudian mengoleskan airnya, atau langsung saja oleskan sepotong jeruk nipis ke permukaan bibir. Biarkan meresap selama kurang lebih 10 menit. setelah itu bersihkan bibir dengan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin untuk membuat bibir merah secara permanen.

2. Cara memerahkan bibir dengan jeruk nipis dan gula

Taburkan gula di potongan jeruk nipis. Oleskan secara merata di permukaan bibir anda secara teratur. Sebaiknya sebelum ramuan ini digunakan, bibir terlebih dahulu dibersihkan dari sel-sel kulit mati. Anda bisa menggunakan air putih biasa saja.

Baca Juga :  3 Tips Tampil Cantik Dengan Kulit Sehat

Gunakan ramuan ini cukup 2 menit saja setiap selesai mandi. Diamkan sebentar kira-kira 15 menit sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. jika anda melakukan hal ini secara rutin maka bibir merah merona akan segera anda miliki kembali.

3. Cara memerahkan bibir menggunakan campuran madu dan jeruk nipis

Campurkan madu dan perasan air jeruk nipis dengan perbandingan 2:1. 2 sendok teh madu dicampur dengan 1 sendok teh air jeruk nipis. Oleskan secara merata dan diamkan kira-kira 10 menit atau sampai kering. Kemudian bersihkan dengan air hangat.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, ramuan ini harus digunakan secara rutin, paling tidak selama 1 bulan.

Cara Memerahkan Bibir Dengan Susu

Campurkan susu dan beberapa tetes gliserin. Kemudian oleskan secara merata ramuan ini sebelum tidur. Biarkan semalaman dan bersihkan di pagi hari saat bangun tidur. Melakukan hal ini secara rutin akan membuat bibir merah merona.

Selain untuk memerahkan bibir, ramuan ini juga bisa digunakan untuk wajah. Khasiatnya untuk membuat kulit wajah yang bersih dan cerah.

Cara Memerahkan Bibir Dengan Pasta Gigi

Pasta gigi mengandung berbagai macam mineral yang baik bagi kesehatan kulit. Mineral-mineral seperti magnesium, selenium, kalsium, kalium, dan berbagai mineral lainnya berkhasita untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit.

Setelah selesai mandi dan bibir cukup bersih, oleskan pasta gigi (non gel) secara merata. Diamkan sebentar sampai mineral-mineral dalam pasta gigi meresap. Setelah 30 menit bilas dengan menggunakan air hangat.

Selain setelah mandi, sebaiknya gunakan cara memerahkan bibir ini sebelum tidur. Caranya oleskan di permukaan bibir secara merata kemudian bilas di pagi hari saat bangun tidur.

Cara Memerahkan Bibir Dengan Mentega

Kandungan minyak dalam mentega berkhasiat melembabkan bibir. Selain itu mentega juga mengandung berbagai macam mineral yang baik bagi kesehatan kulit.

Cara memerahkan bibir dengan mentega sangat mudah. Pertama bersihkan dulu permukaan bibir. Kemudian oleskan mentega secara merata. Pijat secara halus agar minyak dan mineral meresap, kemudian diamkan semalaman. Besok pagi saat bangun tidur bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin paling tidak selama 1 bulan maka bibir merah merona akan segera menjadi milik anda.

Cara Memerahkan Bibir Dengan Bubuk Kunyit

Kunyit adalah bahan alami yang mempunyai banyak sekali khasit. Curcuminoid, salah satu kandungan kunyit dipercaya mampu meningkatkan jumlah kolagen di permukaan bibir.

Berikut adalah beberapa tips cara memerahkan bibir dengan madu :

1. Menggunakan campuran bubuk kunyit dan susu

Campurkan bubuk kunyit dengan 1 sendok teh susu. Oleskan sebelum tidur secara merata dan diamkan kira-kira 10 menit atau sampai kering. Kemudian bersihkan dengan air hangat saat bangun tidur.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, ramuan ini harus digunakan secara rutin, paling tidak selama 1 bulan.

2. Menggunakan campuran madu dan kunyit

Cara membuat bibir merah dengan campuran kunyit dan madu adalah sebagai berikut : Campurkan bubuk kunyit dengan 1 sendok teh madu. Kemudian oleskan secara merata ramuan ini setiap selesai mandi dan sebelum tidur. Lakukan secara rutin untuk memperoleh hasil optimal.

Baca Juga :  3 Tips Tampil Cantik Dengan Kulit Sehat

Cara Membuat Bibir Merah Dengan Minyak Zaitun

Minyak Zaitun memiliki berbagai khasiat untuk kecantikan. Minyak zaitun berkhasiat sebagai antioksidan. Minyak ini mengandung berbagai macam mineral dan juga Vitamin E yang baik bagi kesehatan kulit.

Setelah selesai mandi dan bibir cukup bersih, oleskan minyak zaitun secara merata. Diamkan sebentar sampai mineral-mineral dan vitamin dalam minyak zaitun meresap. Setelah 30 menit bilas sampai bersih.

Cara Memerahkan bibir Dengan Bunga Mawar

Air mawar memiliki kandungan antioksidan. Anti oksidan bermanfaat untuk menunda penuaan dini. Air mawar bisa melancarkan sirkulasi darah, menenangkan pikiran, dan mempercepat proses regenerasi sel kulit.

Berikut adalah beberapa tips cara memerahkan bibir dengan bunga mawar :

1. Menggunakan Air Rendaman kelopak bunga mawar

Rendam beberapa kelopak bunga mawar semalaman. Setelah itu oleskan air mawar ini secara merata dan meresap ke permukaan bibir. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, ramuan ini harus digunakan secara rutin, paling tidak selama 1 bulan setelah mandi dan sebelum tidur.

2. Menggunakan campuran bunga mawar, susu, gliserin dan madu

Cara memerahkan bibir dengan ramuan ini adalah sebagai berikut : Rendam beberapa kelopak mawar dalam susu selama paling tidak 1 jam. Tambahkan beberapa tetes gliserin, kemudian tambahkan madu untuk membuat ramuan mengental menyerupai pasta. Oleskan secara merata ramuan ini setiap selesai mandi dan sebelum tidur. Berikan pijatan lembut supaya zat-zat berkhasiat dalam ramuan meresap. Lakukan secara rutin untuk memperoleh hasil optimal.

Cara Memerahkan Bibir Dengan Alpukat

Buah alpukat memiliki berbagai khasiat untuk kecantikan. Buah alpukat berkhasiat sebagai antioksidan. Minyak ini mengandung berbagai macam mineral dan juga Vitamin E yang baik bagi kesehatan kulit.

Setelah selesai mandi dan bibir cukup bersih, oleskan ramuan alpukat ke permukaan bibir secara merata. Diamkan sebentar sampai mineral-mineral dan vitamin meresap. Setelah 30 menit bilas sampai bersih.

Tips Menjaga Kesehatan Bibir

Berbagai macam cara memerahkan bibir sudah dijelaskan di atas. Namun semuanya tidak akan ada gunakanya jika kita tidak menjaga kesehatan diri termasuk bibir kita. Berikut adalah beberapa tips yang anda bisa lakukan untuk menjaga kesehatan bibir anda :

  • Bersihkan lipstik sebelum tidur. Setelah itu anda bisa merawatnya dengan berbagai cara yang sudah dijelaskan di atas. Kalau bisa kurangi penggunaan lipstik, terutama yang keamanan kandungannya belum dipastikan.
  • Kurangi minuman yang mengandung kafein, soda, atau alkohol.
  • Minum air putih yang cukup setiap hari. Kandungan tubuh kita ini sebagian besar adalah air. Air memiliki banyak manfaat. Selain menghindari dehidrasi, air juga berfungsi membilas racun keluar dari tubuh.
  • Kalau anda perokok, berhentilah sekarang juga. Kandungan nikotin dalam rokok diketahui tidak baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Disamping itu, panas dari rokok juga bisa merusak bibir secara langsung.
  • Gunakan lipbalm/pelindung bibir. Hal ini bisa menjaga permukaan bibir dari paparan sinar UV dari matahari.

Menjaga kesehatan bibir memang sangat penting. Meskipun saat ini sudah tersedia banyak sekali produk-produk modern, memilih cara memerahkan bibir secara alami jauh lebih baik.