Cara membersihkan Memori Smartphone Android Yang penuh

Cara membersihkan memori Smartphone Android yang penuh – Bagaimana rasanya jika saat anda sedang asik berfoto selfie atau sedang merekam video sebuah momen spesial, tiba-tiba saja anda tidak bisa menyimpannya karena memori Smartphone Android anda penuh? Tentu sangat menyebalkan bukan?

Meskipun anda memiliki Smartphone dengan memori internal yang besar atau sudah juga melengkapinya dengan microSD eksternal, kejadian-kejadian seperti di atas bisa saja anda alami.

Lalu bagaimana sih cara membersihkan memori Smartphone Android yang penuh? Nah bagi anda pemilik Smartphone Android ikuti 4 langkah sederhana berikut.

Cara Membersihkan Memori Smartphone Android Yang Penuh

Hapus cache dan data pada aplikasi android yang anda gunakan

Caranya  pilih menu “Setting”, kemudian pilih “storage”. Setelah itu akan tampak beberapa opsi yang menggambarkan penggunaan ruang pada memori smartphone android anda. Pilih “Apps” maka muncul daftar aplikasi-aplikasi android yang anda gunakan. Lihat pojok kanan atas, biasanya terdapat tanda 3 titik vertikal. Tekan tanda itu, kemudian pilih opsi “Clear cache of all app” dan anda telah sukses membebaskan space memori anda.

Sinkronisasi foto dan video ke cloud

File-file seperti foto dan video, terutama yang memiliki kualitas bagus akan memakan space memori yang cukup besar. Jika foto dan video itu begitu penting bagi anda, tentu menghapusnya bukanlah sebuah pilihan.

Cara yang bisa anda pilih adalah melakukan penyimpanan pada layanan cloud. Salah satu layanan cloud yang bisa anda manfaatkan secara gratis adalah Google Photos.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Javascript Browser Google Chrome, Mozilla & Opera

Cara menyimpan file foto atau video pada layanan cloud Google Photo adalah seperti berikut, pertama pilih menu “setting“, kemudian aktifkan sinkronisasi/auto sync. Buka Google Drive, kemudian “settings“. Lakukan pengaturan auto add. Hal ini akan membuat Google Photos secara otomatis terdapat sebagai salah satu folder “My Drive”. Maksudnya foto-foto dalam device anda sudah tersimpan ke dalam Google Photos sehingga anda bisa menghapus file pada device untuk mendapatkan tambahan space memori.

Namun sebaiknya anda hanya mensetting auto add jika ada wifi, karena upload file akan membutuhkan kuota data yang besar tergantung ukuran file.

Lakukan “Clear Browsing data” pada browser anda

Setiap melakukan aktifitas browsing, anda akan meninggalkan file-file kecil berupa browsing history, cookies and site data, cached images and files, saved passwords, autofill form data, dan lain-lain.

Meskipun ukuran datanya kecil-kecil, jika didiamkan dalam waktu yang lama akan memakan space yang besar juga. Jadi sebaiknya anda melakukan hal ini secara periodik.

Cara menghapus data browsing pada browser Chrome, pertama buka Chrome. Lihat pojok kanan atas terdapat tanda 3 titik vertikal. Tekan, maka anda akan melihat beberapa pilihan. Pilih “Settings”, kemudian “Privacy”, selanjutnya pilih opsi “Clear browsing data”. Centang semua yang ingin anda hapus, atur waktu penghapusan atau “Clear data from the..” ke pilihan “Beginning of time. terkahir tekan “Clear Data“, selesai.

Hapus film dan atau playlist music offline

Aplikasi video atau music seperti Netflix dan Spotify menyediakan fitur menonton secara offline. Layanan youtube milik Google juga memiliki fitur yang sama.

Baca Juga :  Daftar Merk Smartphone Terbaik Dan Terpopuler di Dunia

Mekanismenya adalah dengan cara mendownload atau menyimpan video atau music secara offline sehingga kita bisa menontonnya di lain waktu tanpa menggunakan koneksi internet. Masalahnya file-file video dan music ini umumnya berukuran besar sehingga memakan banyak space memori.

Jika anda sudah bosan menonton video-video tersebut ada baiknya anda hapus saja sehingga space memori smartphone android anda mendapatkan tambahan space lagi.

Demikian 4 cara membersihkan memori Smartphone Android yang penuh. Hal ini layak dicoba sebelum anda memutuskan membeli perangkat baru yang memiliki kapasitas memori lebih besar.