Cara Memasang Iklan Facebook (Panduan Lengkap)

cara memasang iklan facebook secara terperinci

Untuk menghasilkan konversi yang baik diperlukan cara memasang iklan Facebook yang mentargetkan audiens yang spesifik dengan produk/layanan yang akan dipasarkan

Cara Memasang Iklan Facebook – Menurut data, pada 2018 pengguna Facebook telah menyentuh angka lebih dari 2 milyar orang. Jumlah pengguna yang besar itu membuat Facebook menjadi platform pemasaran utama untuk hampir setiap pelaku bisnis online. Namun, menemukan cara yang efektif dalam menggunakan Facebook untuk mengembangkan bisnis dapat menjadi tantangan tersendiri bagi siapa pun yang ingin berkecimpung di dalamnya.

Maka di sinilah pentingnya fitur Facebook ads. Facebook ads memiliki fitur penargetan mikro yang memungkinkan Anda menjangkau target audiens yang tepat berdasarkan demografi, lokasi, minat, dan bahkan perilaku. Anda memiliki keleluasaan untuk menyampaikan pesan promosi Anda tepat kepada orang-orang yang paling mungkin membutuhkan produk atau layanan jasa Anda. Hal ini sangat bagus untuk optimalisasi penggunaan anggaran iklan, tingkat konversi, dan laba atas investasi Anda.

Dengan penargetan yang tepat, anggaran iklan Anda benar-benar terpakai untuk menjangkau pelanggan potensial yang paling berharga. Untuk itu, sangat penting untuk memahami berbagai jenis iklan dan opsi penargetan sebelum menyelami dunia periklanan Facebook jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik.

Dalam panduan lengkap tentang bagaimana cara memasang iklan Facebook ini, kami akan memandu Anda step by step, memberitahu semua yang perlu Anda ketahui tentang iklan Facebook, mulai dari merencanakan iklan pertama Anda hingga mengembangkan strategi kampanye iklan Facebook tingkat lanjut.

Jenis iklan Facebook

Facebook memiliki berbagai macam format iklan yang bisa Anda pilih untuk menyampaikan pesan-pesan promosi yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda jual secara online.

1. Iklan foto

Apa pun tujuan bisnis Anda, Iklan foto di Facebook adalah cara yang hebat untuk meningkatkan awareness tentang bisnis Anda dan apa yang Anda tawarkan. Iklan sederhana ini adalah cara yang bagus untuk mulai berkecimpung dengan periklanan Facebook. Cara memasang iklan Facebook jenis ini sangat mudah. Anda dapat membuatnya hanya dengan beberapa klik dengan menggunakan foto dari Halaman Facebook Anda. (Baca juga tips meningkatkan jumlah follower halaman Facebook dengan cepat).

Iklan foto mungkin sederhana, tetapi bukan berarti iklan jenis ini membosankan. Dengan pengaturan yang tepat, iklan foto bisa memiliki format yang rapi, dengan gambar yang menginspirasi dan teks yang memikat.

2. Iklan video

Anda bisa menggunakan jenis iklan video Facebook untuk berbagai tujuan pemasaran (tidak melulu soal jualan produk/jasa). Anda dapat menggunakan iklan video untuk memperkenalkan siapa saja tim Anda atau menunjukan proses pembuatan produk Anda.

Sangat disarankan untuk menggunakan iklan video saat Anda meluncurkan produk baru. Iklan video di kabar berita akan mendapatkan perhatian yang lebih baik, sehingga akan lebih mengingatkan orang terhadap merek Anda dan mengenal produk baru Anda.

Menurut analisis, pengguna perangkat seluler lebih memilih iklan video yang tidak terlalu panjang—yang berdurasi 15 detik atau kurang. Video yang memiliki durasi lebih pendek menghasilkan tingkat penyelesaian yang lebih tinggi, sehingga pengiklan dapat menyampaikan seluruh pesan promosinya.

3. Iklan Carousel

Format iklan carousel dapat menampilkan hingga 10 gambar atau video dalam satu iklan, dimana setiap gambar atau video memiliki tautannya sendiri. Hal ini membuatnya memiliki lebih banyak ruang materi iklan dalam sebuah iklan.

Anda dapat menggunakannya untuk menampilkan berbagai produk, menampilkan perincian tentang satu produk, layanan, atau promosi, atau menyampaikan cerita tentang merek Anda pada masing-masing kartu carousel. Untuk melihatnya, pengguna tinggal menggeser tiap carousel untuk melihat kartu berikutnya.

4. Iklan Tayangan slide

Tampilan iklan slide di Facebook menawarkan cara mudah untuk membuat iklan video pendek dari koleksi foto atau klip video yang ada. Jenis iklan ini memiliki gerakan yang eye-catching, seperti video, tetapi menggunakan lebih sedikit bandwidth, sehingga ditampilan dengan baik bahkan untuk orang-orang dengan koneksi internet yang lambat.

Anda juga dapat menambahkan teks dan musik. Jika Anda tidak memiliki foto sendiri, Anda dapat memilih foto stok dari koleksi Facebook.

5. Koleksi iklan

Orang menghabiskan semakin banyak waktu di perangkat seluler mereka. Mereka mengharapkan pengalaman pengguna yang menarik, cepat, dan lancar di perangkat seluler. Oleh karena itu format iklan yang dikhususkan untuk memberikan kenyamanan di perangkat seluler makin dibutuhkan..

Iklan ini, yang hanya ditawarkan untuk perangkat seluler, memungkinkan Anda memamerkan satu atau beberapa produk yang dapat diklik oleh pelanggan untuk dibeli.

Koleksi iklan dipasangkan dengan Pengalaman Instan (dijelaskan lebih lanjut di bawah) akan memungkinkan orang membeli produk Anda tanpa harus meninggalkan Facebook. Hal ini membuat belanja online menjadi mudah ketika orang-orang sedang bepergian dan mungkin tidak memiliki koneksi internet yang bagus.

Baca Juga :  5 Cara Jualan Online Yang Efektif Dan Cepat Laku

6. Iklan Messenger

Iklan Messenger membantu mendorong orang melakukan interaksi dengan bisnis Anda, sehingga membantu Anda mencapai hasil yang penting.

Ada 1.3 milyar orang menggunakan Messenger setiap bulan. Tercatat 10 milyar pesan terkirim antar orang dan bisnis setiap bulan. Hal ini membuat iklan Messenger memiliki potensi pasar besar.

Iklan foto, iklan video, iklan carousel, dan iklan dinamis semuanya dapat diatur untuk muncul di Facebook Messenger. Ketika membuat iklan Anda, cukup pilih Messenger sebagai penempatan yang diinginkan (Anda juga perlu memilih feed Facebook).

Anda juga dapat menjalankan iklan “klik-untuk-Messenger” di feed Facebook. Iklan ini menampilkan tombol ajakan bertindak yang membuka percakapan Messenger dengan Halaman Facebook Anda, sehingga orang dapat melakukan percakapan dengan salah satu staf penjualan atau perwakilan layanan pelanggan Anda.

7. Iklan Pengalaman Instan

Pengalaman Instan Facebook, yang sebelumnya dikenal sebagai Canvas, menciptakan pengalaman muat-cepat, layar penuh yang didesain untuk seluler, dan bisa ditambahkan ke format iklan apa pun di atas.

Jika Anda menggunakan Facebook Pixel di situs web Anda (sangat disarankan), akan secara otomatis ditambahkan ke iklan Pengalaman Instan Anda untuk memungkinkan pelacakan penuh.

8. Iklan prospek

Iklan prospek hanya tersedia untuk perangkat seluler karena secara khusus dirancang untuk memudahkan orang-orang memberi Anda informasi kontak tanpa banyak mengetik.

Mendapatkan potensi pelanggan dapat bermacam-macam bentuknya. Anda dapat menggunakan iklan prospek Facebook untuk permintaan tawaran harga atau demo, berlangganan buletin, pendaftaran acara, dan lain-lain.

9. Iklan dinamis

Iklan dinamis memungkinkan Anda mempromosikan produk yang tertarget kepada pelanggan yang kemungkinan besar tertarik pada produk tersebut. Misalnya, jika seseorang telah mengunjungi halaman produk atau meletakkan produk di keranjang belanja mereka di situs web Anda, tetapi kemudian membatalkan pembelian, iklan dinamis untuk produk yang tepat itu akan muncul di umpan Facebook mereka. Ini mengingatkan pelanggan potensial untuk menyelesaikan pembelian, dan dapat menjadi strategi pemasaran Facebook yang sangat efektif.

10. Iklan Tautan Ke Website Anda

Iklan tautan Facebook adalah cara yang bagus untuk mengajak orang mengunjungi website Anda dan mengunjungi halaman yang Anda inginkan untuk dilihat mereka.

Ada banyak tombol ajakan bertindak yang bisa dipilih, seperti : Belanja Sekarang, Pelajari Selengkapnya, Daftar, Pesan Sekarang, dan Unduh. Iklan tautan berfungsi di Facebook, Instagram, dan Audience Network.

Cara Memasang Iklan Facebook

Jika Anda sudah memiliki halaman bisnis Facebook, Anda dapat langsung menuju ke Facebook Ads Manager atau Business Manager untuk membuat kampanye iklan Facebook Anda. Jika Anda belum memiliki halaman bisnis, Anda harus membuatnya terlebih dahulu.

Terdapat 2 cara memasang iklan Facebook, yaitu menggunakan Facebook Ads manager dan menggunakan Facebook Business Manager. Dalam artikel ini kami akan memberikan panduan cara memasang iklan Facebook menggunakan Facebook Ads Manager. Jika Anda lebih suka menggunakan Business Manager, Anda bisa mendapatkan detail dalam posting kami tentang cara menggunakan Facebook Business Manager.

Berikut adalah step-step membuat kampanye iklan Facebook secara rinci :

1. Pilih tujuan kampanye iklan Anda

Masuk ke Facebook Ads Manager dan pilih tab Kampanye, lalu klik “Buat” untuk memulai dengan kampanye iklan Facebook baru.

Facebook menawarkan 11 tujuan pemasaran berdasarkan pada apa yang Anda inginkan dari iklan Anda. Pilihlah yang sesuai dengan sasaran bisnis Anda :

  1. Brand Awereness/kesadaran merek : Perkenalkan brand produk Anda ke audiens baru.
  2. Jangkauan : Tampilkan iklan Anda kepada sebanyak mungkin orang di audiens Anda.
  3. Tayangan video : Dapatkan lebih banyak orang yang menonton video Anda.
  4. Pemasangan aplikasi : Ajak orang memasang aplikasi Anda.
  5. Lalu Lintas /klik website : Dorong lalu lintas ke halaman web atau aplikasi tertentu.
  6. Penciptaan prospek : Dapatkan prospek baru ke corong penjualan Anda.
  7. Keterlibatan/interaksi : Jangkau pemirsa yang luas untuk meningkatkan jumlah suka postingan atau Suka Halaman, tingkatkan kehadiran di acara Anda, atau dorong orang untuk mengklaim penawaran khusus.
  8. Pesan : Mendorong orang untuk menghubungi bisnis Anda menggunakan Facebook Messenger.
  9. Konversi : Ajak orang untuk melakukan tindakan tertentu di situs web Anda (seperti berlangganan ke daftar Anda atau membeli produk Anda).
  10. Penjualan katalog : Hubungkan iklan Facebook Anda ke katalog produk Anda untuk menampilkan iklan kepada orang-orang untuk produk yang kemungkinan besar ingin mereka beli.
  11. Kunjungan toko : Dorong pelanggan terdekat datang ke toko Anda.

cara memasang iklan facebook tetapkan tujuanPilih tujuan kampanye iklan berdasarkan sasaran apa yang ingin Anda capai untuk iklan. Perlu diingat bahwa untuk tujuan yang berorientasi konversi (seperti penjualan), Anda dapat membayar per tindakan (klik), tetapi untuk tujuan seperti trafick kunjungan website dan tampilan, Anda akan membayar untuk impresi.

Untuk contoh ini, kami akan memilih tujuan interaksi. Beberapa opsi yang Anda lihat di langkah selanjutnya akan sedikit berbeda berdasarkan tujuan yang Anda pilih.

2. Beri nama kampanye Anda

Gulir ke bawah untuk menamai kampanye iklan Facebook Anda dan pilih apakah akan menyiapkan uji A / B split test. Anda juga bisa memilih apakah akan mengaktifkan pengoptimalan anggaran. Opsi ini dapat berguna jika Anda menggunakan beberapa kumpulan iklan. Untuk awal sebaiknya non aktifkan.

Untuk tujuan interaksi, Anda juga akan memilih apakah akan fokus pada interaksi kiriman, suka halaman, atau tanggapan acara. Untuk contoh ini, kami akan memilih suka Halaman.

Baca Juga :  6 Cara Meningkatkan Follower Halaman Facebook Untuk Bisnis

cara memasang iklan facebook nama kampanyeKlik siapkan Akun Iklan untuk melanjutkan.

3. Siapkan akun iklan Anda

Jika Anda sudah menyiapkan akun, Anda tidak perlu melakukan hal ini lagi. Anda akan langsung menuju ke step selanjutnya yaitu menargetkan audiens Anda.

Tetapi jika ini adalah iklan Facebook pertama Anda, Anda harus memasukkan beberapa detail akun utama di sini. Masukkan negara Anda, mata uang pilihan, dan zona waktu, lalu klik Lanjutkan.

Pilih dengan bijak, karena jika Anda ingin mengubah opsi ini nanti, Anda harus membuat akun iklan terpisah.

4. Tentukan Target Pemirsa Iklan Anda

Di bagian atas layar ini, Anda akan menamai kampanye iklan Facebook Anda dan memilih Halaman mana yang akan dipromosikan.

Gulir ke bawah untuk mulai membangun target audiens untuk iklan Anda. Anda akan melihat opsi pertama adalah menambahkan pemirsa khusus dari orang-orang yang telah berinteraksi dengan bisnis Anda di atau di luar Facebook. Kami memiliki panduan terpisah untuk memandu Anda menetapkan pemirsa khusus Facebook, jadi di artikel ini kami akan fokus pada opsi penargetan.

Mulai dengan memilih lokasi target Anda, usia, jenis kelamin, dan bahasa. Saat Anda membuat pilihan, perhatikan indikator ukuran pemirsa di sebelah kanan layar, yang memberi Anda gambaran jangkauan iklan potensial Anda.

cara memasang iklan facebook penargetan iklanSekarang saatnya untuk penargetan detail. Anda harus selalu ingat bahwa penargetan yang efektif adalah kunci untuk memaksimalkan ROI. Anda memiliki banyak cara untuk menargetkan pemirsa Anda menggunakan iklan Facebook, bisa minat, bahasa, jenis kelamin dll.

Terdapat 2 bidang di sini untuk menentukan penargetan audiens Anda :

1. Penargetan terperinci

Gunakan bidang ini untuk secara khusus menyertakan atau mengecualikan orang berdasarkan demografi, minat, dan perilaku. Anda bisa benar-benar spesifik di sini. Misalnya, Anda dapat memilih untuk menargetkan orang-orang yang memiliki minat belanja busana/pakaian wanita.

2. Koneksi

Anda dapat menargetkan atau mengecualikan orang yang memiliki koneksi ke Halaman Facebook Anda, aplikasi Anda, atau acara yang Anda kelola. Misalnya, jika Anda ingin menjangkau pemirsa baru, Anda akan memilih “Kecualikan orang-orang yang menyukai Halaman Anda.”

Jika Anda ingin mempromosikan penawaran atau produk baru kepada penggemar yang sudah ada, pilih “Orang yang menyukai Halaman Facebook Anda” untuk menjangkau orang-orang yang sudah menjadi follower halaman Anda.

5. Pilih penempatan iklan Facebook Anda

Gulir ke bawah untuk menentukan di mana iklan Anda akan muncul. Jika Anda baru menggunakan iklan Facebook, pilihan paling sederhana adalah menggunakan penempatan otomatis. Ketika Anda memilih opsi ini, Facebook akan secara otomatis menempatkan iklan Anda di Facebook, Instagram, Messenger, dan Audience Network ketika iklan Anda dinilai akan mendapatkan hasil terbaik.

Setelah Anda memiliki lebih banyak pengalaman, Anda mungkin ingin menempatkan iklan Facebook Anda di lokasi tertentu. Berikut adalah beberapa opsi yang bisa dipilih :

  • Jenis perangkat : Seluler, desktop, atau keduanya.
  • Platform : Facebook, Instagram, Audience Network, atau Messenger, dengan beberapa sub-opsi dalam setiap kategori (seperti feed versus kolom kanan versus Stories).
  • Perangkat seluler dan sistem operasi : iOS, Android, atau keduanya.

cara memasang iklan facebook penempatan iklan

6. Tentukan anggaran dan jadwal penayangan iklan Anda

Selanjutnya, Anda harus memutuskan berapa banyak uang yang ingin Anda habiskan di platform iklan Facebook. Anda dapat memilih anggaran harian atau anggaran sepanjang masa promosi, kemudian menetapkan rentang tanggal mulai dan akhir tayang jika Anda ingin menjadwalkan iklan Anda, atau memilih untuk menayangkan selalu sejak hari ini.

cara memasang iklan facebook menentukan anggaran dan jadwalAnda bisa mengatur lebih detail dengan menggunakan opsi anggaran lanjutan.

Perlu diingat bahwa menjalankan iklan berbayar Anda sesuai jadwal mungkin merupakan cara paling efisien untuk membelanjakan anggaran iklan Anda, karena Anda dapat memilih hanya untuk menayangkan iklan Anda ketika audiens target Anda kemungkinan besar ada di Facebook. Anda hanya dapat menetapkan jadwal jika Anda telah menetapkan anggaran sepanjang waktu untuk iklan Anda.

Setelah selesai, perhatikan kembali indikator ukuran pemirsa. Jika Anda puas, klik Lanjutkan.

7. Buat desain iklan Facebook Anda

Pertama-tama pilih format iklan Anda, lalu masukkan teks dan komponen media untuk iklan Anda. Format yang tersedia akan bervariasi berdasarkan tujuan kampanye iklan yang Anda pilih di awal tadi.

Gunakan alat pratinjau di bagian bawah halaman untuk memastikan iklan Anda terlihat bagus untuk semua potensi penempatan (seluler, feed berita desktop, sidebar kanan, dan sebagainya). Jika Anda sudah puas desain iklan pilihan Anda, klik tombol Konfirmasi untuk mengirimkan pesanan Anda, lalu tunggu email dari Facebook yang memberi tahu Anda bahwa iklan Anda telah disetujui.

cara memasang iklan facebook menentukan desain iklan

Tips Sukses Menggunakan Iklan Facebook

Supaya menghasilkan konversi yang bagus, Anda tidak boleh memasang iklan Facebook tanpa strategi yang baik. Ingatlah selalu strategi penting ini untuk memaksimalkan hasil dari kampanye iklan Facebook Anda.

1. Lakukan Eksperimen dengan penargetan audiens/pemirsa

Mulai dengan menargetkan pemirsa yang sempit dan kemudian perluas perlahan-lahan dengan menambahkan satu kategori minat dalam satu waktu. Misalnya, Anda dapat memulai dengan audiens yang secara khusus tertarik pada “wisata strowberry di kota Malang” dan kemudian memperluasnya setelah beberapa minggu, menambahkan “mencicipi buah strowberry,” “makanan dan buah strowberry,” dan seterusnya. Dengan begitu, Anda akan memiliki pemahaman yang bagus tentang pengaruh perluasan target pemirsa terhadap tingkat konversi iklan Anda.

Anda juga dapat menggunakan penargetan pemirsa untuk membuat iklan berbeda untuk grup yang terkait dengan tujuan bisnis yang berbeda. Misalnya, Anda dapat mengkampanyekan iklan berbeda untuk pelanggan tetap dan kepada orang yang belum pernah mendengar tentang bisnis Anda sebelumnya, atau menawarkan promosi berdasarkan hubungan yang ada.

Baca Juga :  Mau Bisnis Online Sukses? Terapkan Content Marketing !

Jika Anda memiliki bisnis lokal, Anda dapat menargetkan audiens Anda dengan menggunakan kode pos. Cara penargetan iklan seperti ini juga berguna jika Anda tahu kota atau lingkungan tertentu memiliki ciri khusus tertentu.

Berhati-hatilah dengan asumsi yang Anda buat tentang pemirsa Anda saat memilih opsi penargetan Anda. Misalnya, Anda menargetkan pemirsa di wilayah pengguna bahasa inggris, namun Anda menggunakan iklan berbahasa Indonesia. Kekeliruan fatal seperti ini akan membuat Anda hanya membuang-buang anggaran iklan saja.

2. Gunakan Facebook Pixel

Facebook pixel adalah bagian kecil dari kode yang dapat berdampak besar pada kampanye iklan Facebook Anda. Setelah Anda menempatkan kode di situs web Anda, Anda bisa menggunakannya untuk melacak konversi, memasarkan ulang kepada orang-orang yang telah melihat produk di situs web Anda, dan membuat pemirsa serupa.

Bahkan jika Anda belum siap untuk terlibat dalam beberapa strategi lanjutan yang dapat Anda terapkan dengan Facebook Pixel, sebaiknya Anda tetap menginstalnya sekarang. Dengan begitu, Anda akan memiliki data pelacakan dan pemasaran ulang yang siap digunakan saat Anda siap untuk mulai mengoptimalkan iklan Facebook Anda.

3. Gunakan foto dan video terbaik

Anda tahu apa yang membuat kampanye iklan Anda gagal total? Foto buram atau video dengan kualitas buruk. Tentu saja kata-kata promosi merupakan elemen penting dalam sebuah kampanye iklan, tetapi visual adalah apa yang pertama-tama akan menarik perhatian pemirsa dan menciptakan kesan terbaik.

Jika Anda menjual produk, sangat direkomendasikan untuk menggunakan foto yang menunjukkan orang-orang sedang menggunakan dan mendapatkan manfaat dari produk Anda, daripada hanya gambar produk-produk saja. Gambar orang-orang yang sedang menggunakan produk Anda akan memberi kesan bahwa produk Anda memberi manfaat pada penggunanya.

4. Uji semuanya

Anda tidak bisa menduga-duga apa yang akan terjadi setelah Anda melakukan kampanye iklan. Setiap kali Anda mencoba sesuatu yang baru, Anda harus mengujinya terhadap iklan Facebook Anda sebelumnya sehingga Anda dapat melihat apakah Anda membuat perbaikan atau justru penurunan pada metrik yang paling penting bagi Anda.

Karena sistem algoritma facebook selalu berkembang, maka tips-tips sukses menggunakan iklan Facebook juga terus berubah. Oleh karena itu, gunakan tips-tips di luaran sebagai pengenalan dasar saja. Selanjutnya hanya Anda yang tahu apa yang berhasil untuk pemirsa Anda. Dan satu-satunya cara untuk dapat mengetahui bahwa trik yang Anda terapkan sesuai dengan algoritma terbaru Facebook adalah dengan melakukan pengujian.

5. Lacak dan optimalkan kinerja iklan

Perhatikan dengan cermat kinerja kampanye Anda di dasbor Facebook Ads Manager. Jika kampanye tidak berjalan, ambillah anggaran dan masukkan ke dalam iklan itu.

Jika Anda baru mencoba, sebaiknya jalankan beberapa iklan dengan pemirsa dan anggaran kecil. Setelah Anda mengetahui kampanye yang paling berhasil, gunakan iklan pemenang sebagai kampanye utama Anda. Fokuskan anggaran di situ.

Strategi Membuat Kampanye Iklan Facebook Yang Berhasil

Sering terjadi, Anda sudah siap dengan anggaran tetapi tidak yakin promosi yang bagaimana yang harus Anda lakukan. Berikut kami sediakan 3 strategi kampanye iklan Facebook yang bisa Anda coba sebagai langkah awal.

1. Konversi konten yang terbukti menjadi iklan video

Strategi kampanye iklan Facebook yang pertama adalah mengkonversi konten-konten yang terbukti memberi hasil baik menjadi jenis iklan video.

Setiap merek memiliki beberapa bagian konten yang menghasilkan sebagian besar trafick setiap bulan ke situsnya. Mengemas ulang konten itu menjadi video pendek dapat menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan iklan Facebook terbaik.

Untuk membuat video Anda, pikirkan cara untuk menyampaikan pesan utama konten Anda melalui teks dan gambar singkat. Anda bisa menggunakan aplikasi pembuat video, atau buat iklan video slideshow di Facebook Ads Manager.

2. Mendorong penjualan langsung

Strategi kampanye iklan Facebook yang kedua adalah mendorong penjualan produk secara langsung.

Jika Anda memiliki merek yang sudah memiliki nama dan produk yang bagus, terutama yang memiliki harga yang relatif murah, Facebook akan menjadi tempat yang tepat untuk menjual produk itu secara langsung.

Anda bisa menargetkan orang-orang yang sebelumnya pernah membeli produk Anda. Di tambah juga dengan menargetkan pelanggan baru menggunakan pemirsa yang mirip untuk menjangkau orang-orang yang mungkin tertarik pada produk tersebut.

Iklan Facebook Anda dapat menyertakan penawaran bertarget, rekomendasi produk, atau pengingat untuk menyelesaikan pembelian mereka.

3. Jangan Hanya Berfokus Jualan Online

Anda tidak perlu membatasi strategi iklan Facebook Anda dengan tujuan penjualan secara online. Anda bisa mengggunakan Facebook dengan tujuan kunjungan toko, sehingga Anda dapat meningkatkan penjualan secara offline.

Anda juga dapat menggunakan “tujuan interaksi” (lihat jenis-jenis tujuan kampanye iklan Facebook di atas) untuk mengarahkan orang-orang ke acara offline, dan menggunakan “tujuan penciptaan prospek” untuk membawa pemirsa datang ke toko Anda untuk melihat dan mencoba produk Anda secara langsung.

Facebook memungkinkan Anda untuk melacak konversi offline sehingga Anda dapat memahami efektivitas iklan yang mendorong penjualan secara offline. Anda juga dapat menggunakan informasi pelacakan ini untuk membangun pemirsa khusus dari orang-orang yang berinteraksi dengan merek Anda secara offline, sehingga Anda dapat menargetkan mereka secara lebih efektif dengan iklan berikutnya.

Coba Evaluasi Dan Coba Lagi

Cara memasang iklan Facebook yang menghasilkan konversi yang baik akan terus berubah mengikuti perkembangan sistem algoritmanya yang terus berkembang. Oleh karena itu kata kunci keberhasilan kampanye iklan sangat ditentukan oleh eksperimen dan pengujian kampanye iklan yang telah berjalan. Jangan berhenti berinovasi, karena kampanye iklan yang berhasil saat ini belum tentu memberikan hasil sama pada masa berikutnya.