10 Cara memaafkan Diri Sendiri dan Move On Dari Masa Lalu

Cara Memaafkan diri sendiri adalah dengan menikmati hidup di hari ini
Cara Memaafkan diri sendiri adalah dengan menikmati hidup di hari ini. Masa lalu adalah masa lalu. Kamu tidak bisa mengubahnya tidak peduli seberapa besar kamu berusaha.

Cara Memaafkan Diri Sendiri – Bagaimana rasanya hidup yang dihantui oleh kesalahan masa lalu? Benar sekali. Hal itu akan sangat menyiksa! Bahkan banyak orang mengalami depresi karena hal ini. Memaafkan diri sendiri lebih sulit daripada memaafkan orang lain. Kita harus mengakui kesalahan diri sendiri, dan ini sangatlah sulit. Karena berkaitan dengan ego kita yang selalu merasa benar. Oleh karena itu, kita harus berani bergelut dengan diri sendiri, dan mengalahkan diri sendiri.

Memaafkan diri sendiri adalah suatu rangkaian proses. Hal itu tidak terjadi dalam semalam dan prosesnya akan berbeda untuk setiap orang. Tapi tidak peduli berapa waktu yang diperlukan, yang pasti masih ada harapan!

10 Cara Memaafkan Diri Sendiri

Berikut ini beberapa cara memaafkan diri sendiri yang dapat kamu lakukan supaya bisa move on dan hidup di masa kini :

1. Sadarilah Berbuat Salah Adalah Proses Bertumbuh

Alasan kebanyakan dari kita merasa bersalah atau malu atas tindakan yang dilakukan pada masa lalu adalah karena tindakan itu tidak sejalan dengan moral dan nilai-nilai yang kita yakini saat ini. Kesalahan-kesalahan di masa lalu nampak seperti sebuah dosa besar yang tidak termaafkan.

Baca Juga :  8 Cara Menghadapi Pasangan Keras Kepala

Tapi Ladies. Berbuat salah adalah sebuah proses pertumbuhan mental dan rohani. Semakin dewasa kita, semakin menjadi bijaksana. Menyadari hal ini adalah cara memaafkan diri sendiri yang paling penting. Kenapa? Karena dengan menyadari bahwa berbuat salah adalah sebuah proses biasa dalam kehidupan, maka itu artinya kamu sudah menginjak kedewasaan berpikir.

2. Sadarilah Bahwa Masa Lalu Adalah Masa Lalu

Ladies, kita tidak bisa memutar waktu. Yang sudah terjadi tidak akan bisa dirubah lagi. Jika menurutmu itu adalah sebuah kesalahan, satu-satunya cara adalah menerima kenyataan itu. Akui kesalahan itu, dan terima bahwa itu sudah lama terjadi. Penerimaan dapat menyebabkan penyembuhan emosional yang kita butuhkan.

Yang terpenting adalah masa kini. Jika perbuatan-perbuatan di masa lalu adalah sebuah kesalahan bagimu, maka tidak mengulanginya lagi jauh lebih bernilai daripada tenggelam dalam penyesalan kesalahan masa lalu.

3. Maafkan Tapi Jangan Lupakan

Memaafkan tidak sama dengan melupakan. Inti dari memaafkan diri sendiri adalah tidak melakukan kesalahan yang sama di hari ini. Jadi, salah satu cara memaafkan diri sendiri yang terpenting adalah mencoba belajar dari kesalahan itu.

Ambillah sebuah kertas. Tuliskan hal-hal berbeda apa yang kamu bisa lakukan jika bisa kembali ke dalam situasi seperti itu lagi. Dengan melakukan itu, kamu tegaskan pada diri sendiri bahwa kamu tidak hanya belajar dari kesalahan masa lalu, tetapi juga mampu berbuat lebih baik jika dihadapkan dalam situasi itu lagi.

4. Sadarilah Kamu Melakukan Yang Terbaik Yang Kamu Bisa Saat Itu

Cara setiap orang merespons masalah sangat tergantung pada keterampilan yang dimiliki, pola pikir, dan bagaimana cara memahami situasi pada saat itu.

Pada saat masih muda, mungkin kamu belum memiliki banyak pengalaman. Mungkin pada waktu itu kamu dalam kondisi stres, sehingga kamu sulit untuk berpikir jernih.

Baca Juga :  10 Cara Mengatasi Depresi Pada Diri Sendiri

Apa pun itu, kamu harus harga dirimu sendiri. Kamu harus berpikir positif bahwa meskipun itu adalah sebuah kesalahan, yang terpenting kamu berani bertindak. Jika itu salah dan berakibat buruk, belajarlah dari itu, maka seburuk-buruknya masa lalu, bukanlah sesuatu yang sia-sia.

5. Mulai Bertindak Yang Jauh Lebih Baik

Cara memaafkan diri sendiri yang paling efektif adalah mulai mengubah perilaku dan pikiran negatif dengan perbuatan dan pikiran yang positif. Dengan melakukan itu, kamu meyakinkan pada diri sendiri bahwa kamu bisa menangani situasi dengan cara yang kamu inginkan. Hal ini dapat menimbulkan rasa bangga, sehingga kamu bisa membangun harga diri yang jatuh dari kesalahan masa lalu.

6. Kenali Apa Yang Paling Kamu Sesali

Ketika seseorang tenggelam dalam penyesalan atas kesalahan-kesalahan masa lalu, sering terjadi mereka tidak mengetahui dengan jelas apa sebenarnya yang terjadi.

Oleh karena itu, sangat bermanfaat untuk mengelompokkan masalah-masalah ini menjadi kategori-kategori. Mana yang masalah besar dan mana yang masalah remeh temeh semata.

7. Fokus Pada Hal-hal Penting/Besar

Ingatlah, Ladies. Kamu tidak bisa menyelesaikan semua masalah dalam waktu bersamaan. Gunakan energimu secara efisien. Fokus pada hal-hal penting sehingga hidupmu lebih terarah. Hal-hal yang remeh temeh lepaskan saja dulu, seiring waktu masalah-masalah kecil seperti itu akan hilang seiring naiknya kepercayaan dirimu.

8. Tutup Buku dan Mulai Lembaran Baru

Pada titik tertentu, kamu harus menerima bahwa masa lalu telah terjadi dan kamu telah melakukan segala daya untuk memperbaiki kesalahan masa lalu. Sekarang saatnya untuk membuka lembaran baru dan menerima peristiwa itu sebagai bagian dari cerita masa lalu. Semua peristiwa itu berkontribusi menjadikan siapa kamu hari ini. Bersyukur atas pengalaman-pengalaman itu membuat kamu bisa terus maju dan benar-benar telah memaafkan diri sendiri.

Baca Juga :  16 Karakter Wanita Yang Disukai Pria Idaman Hati Anda

9. Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri

Ingatlah ketika kita belajar naik sepeda, sebagian besar dari kita mungkin perlu beberapa kali percobaan sebelum benar-benar bisa. Hal yang sama terjadi jika kamu ingin hidup dengan pola pikir dan perilaku yang baru. Beri pemahaman pada diri sendiri bahwa semua pembelajaran butuh proses. Sadarilah bahwa kamu akan membuat kesalahan. Itu sangat normal, semua orang pernah membuat kesalahan.

10. Cintai Dirimu Sendiri

Cara memaafkan diri sendiri yang terakhir adalah mencintai diri sendiri. Berpikirlah positif terhadap diri kamu. Tidak ada salahnya sesekali memanjakan diri sendiri. Jika kamu bisa belajar untuk menganggap diri sendiri sebagai sahabat, berbicara kepada diri sendiri dengan cinta dan kebaikan, dan menempatkan diri sendiri sebagai prioritas, itu menegaskan kembali bahwa kamu percaya bahwa kamu layak untuk itu. Jika kamu berhasil mencintai diri sendiri maka kamu juga akan mencintai orang lain dengan lebih baik.

Ladies, kamu memang tidak bisa mengubah kesalahan masa lalu. Namun, ingatlah! Siapa kamu sangat tergantung pada respons kamu hari ini. Yakinlah, kamu sangat berharga !!