5 Cara Jualan Online Yang Efektif Dan Cepat Laku

Cara Jualan Online Yang Efektif
Untuk bisa sukses dalam bisnis online setiap pebisnis harus menerapkan cara jualan online yang efektif dan efisien

Cara Jualan Online Yang Efektif – Menjual produk-produk secara online saat ini sedang berkembang pesat. Tidak peduli apakah itu bisnis kecil atau pun raksasa bisnis, semuanya mulai merambah dunia online.  Sebuah korporasi besar, dengan sumber dananya yang besar tentu akan dengan mudahnya melakukan transformasi dari offline ke online. Namun tidak dengan bisnis UKM. Di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara jualan online yang efektif bagi pebisnis pemula, mulai dari memulai toko baru, bagaimana cara mengoptimalkan, mengembangkan, dan melakukan diversifikasi dari waktu ke waktu.

Secara umum terdapat 5 rahasia cara jualan online yang sukses. Kelimanya akan di breakdown ke dalam penjelasan-penjelasan yang mudah dipahami dan diterapkan supaya Anda juga bisa mencontohnya.

5 Rahasia Cara Jualan Online Sukses

Berikut adalah 5 kunci sukses jualan online yang akan dijabarkan satu per satu dalam artikel ini :

1. Kerja Kerja Kerja

Menjual produk secara online itu unik karena banyaknya pelanggan yang dapat Anda jangkau. Dalam beberapa hal, cara ini akan mengubah bagaimana strategi bisnis yang tepat bisa bekerja, tetapi ingat : sistem jualan online membuat Anda memiliki jutaan pelanggan potensial yang dapat Anda jangkau namun ini berarti juga Anda memiliki ribuan situs pesaing yang berjuang untuk mendapatkan perhatian mereka.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendatangkan pengunjung ke situs jualan online Anda, kemudian memberikan layanan hebat dan menjual produk hebat. Berita baiknya : biaya overhead menjual produk secara online jauh lebih rendah daripada membuka toko fisik.

Rahasia pertama dari sukses jualan online sangatlah sederhana, yaitu : kerja kerja kerja. Pada awalnya mungkin usaha Anda akan berkembang secara perlahan, tetapi semakin banyak waktu dan usaha yang Anda lakukan untuk membuat dan mempromosikan toko online Anda, semakin banyak penjualan yang akan Anda lihat. Perlu diingat bahwa Anda perlu membangun beberapa chanel untuk memasarkan produk Anda. Melalui media sosial, konten marketing, SEO, dan iklan berbayar. Semua cara itu membutuhkan waktu, tweaking, dan kerja keras setiap hari.

Baca Juga :  8 Panduan Menggunakan Facebook untuk Promosi Bisnis

Kuncinya adalah jangan cepat menyerah. Ketahuilah bahwa Anda perlu secara bertahap menginvestasikan waktu, tenaga dan uang ke dalam toko online Anda untuk mengembangkan basis pelanggan Anda dan pada akhirnya Anda akan sampai pada titik di mana Anda hanya perlu melakukan pemeliharaan saja.

2. Pilih ceruk bisnis yang tepat

Pertanyaan pertama yang kebanyakan dari kita tanyakan ketika memulai bisnis baru adalah apa yang harus dijual. Tidak ada jawaban yang benar atau salah. Pada dasarnya Anda bisa menjual apa saja secara online, yang penting tidak melawan hukum. Anda bisa menjual berbagai produk, baik digital, fisik, atau bahkan layanan jasa. Jadi, ceruk pasar bisnis online sangatlah luas.

Menetapkan ceruk pasar yang ingin Anda targetkan sangat penting bagi kesuksesan bisnis Anda. Ceruk bisnis lebih kecil akan memiliki lebih sedikit kompetisi, memberi Anda kesempatan lebih baik untuk mendapatkan calon pembeli. Di sisi lain, kumpulan pelanggan Anda akan lebih kecil. Begitu pula sebaliknya, ceruk bisnis yang lebih luas akan memiliki tingkat persaingan yang besar namun didukung dengan potensi pasar yang besar pula. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk memikirkan bidang bisnis apa yang akan Anda kembangkan. Pikirkan keseimbangan antara tingkat persaingan dengan potensi pasar.

Pikirkan tentang biaya-biaya yang akan terjadi dalam penjualan produk secara online. Anda perlu memasukkan biaya logistik pengiriman dalam perencanaan Anda. Misalnya, produk digital seperti perangkat lunak, musik, dan eBook dapat dijual secara internasional dan dikirimkan secara instan, dan dengan demikian memiliki struktur biaya yang sedikit berbeda daripada produk-produk fisik seperti jualan pakaian secara online.

3. Buat proses transaksi yang sederhana

Jika pengunjung datang ke situs web Anda, pastikan bahwa situs Anda memiliki navigasi yang sederhana. Buatlah pengunjung merasa nyaman untuk melihat-lihat produk yang dijual, cara bertransaksi, maupun berkomunikasi dengan Anda.

Landing page (halaman pertama yang dilihat pengunjung) akan memegang peranan kunci. Buatlah simple dan menarik. (Baca juga : Tips memaksimalkan Website Bisnis Online Untuk Menghasilkan Penjualan Yang Bagus).

Tiga aturan emas untuk memaksimalkan situs jualan online adalah :

  1. Jangan paksa pengunjung untuk mendaftar ketika mereka pertama kali mengunjungi situs web Anda
  2. Jangan buat navigasi di situs web atau blog Anda rumit untuk digunakan. Letakkan navigasi di bagian atas halaman dan jaga agar tetap konsisten.
  3. Jangan membuat proses pembelian yang rumit dan jangan mencoba mengumpulkan banyak informasi dari pembeli. Semakin banyak langkah dan informasi yang diminta, semakin besar hambatan, dan semakin banyak penjualan yang akan hilang karena pembeli mengabaikan pembelian mereka.
Baca Juga :  Cara Memasang Iklan Facebook (Panduan Lengkap)

Banyak perangkat lunak eCommerce tidak mudah digunakan dari perspektif pembeli, hal ini sering kali membuat konsumen malah tidak jadi bertransaksi. Petunjuk : cobalah masuk ke situs web dan berpura-pura membeli produk Anda sebagai calon pembeli. Bisakah Anda melakukannya dengan cepat dan mudah tanpa terlalu banyak berpikir?

4. Miliki layanan pelanggan yang hebat

Ketika konsumen mempertimbangkan untuk membeli dari situs web, mereka mencari kepastian sebelum membeli. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk membangun kredibilitas di mata konsumen. Situs web jual beli online yang memiliki kredibilitas tinggi akan membuat calon konsumen memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan tanpa rasa khawatir untuk ditipu.

Salah satu cara berjualan, terlepas apakah itu bisnis online atau bisnis offline, adalah menawarkan jaminan bahwa jika pelanggan tidak puas, Anda akan mengembalikan uangnya tanpa pertanyaan.

Hal lain yang juga penting adalah untuk menunjukkan bahwa situs Anda aman dan diverifikasi oleh pihak ketiga tepercaya seperti Symantec atau McAfee. Jika Anda berencana untuk menangani informasi kartu kredit, situs web atau blog Anda harus berada pada server yang aman dan sesuai dengan PCI (misalnya sudah menerapkan protokol Https). Hal ini memang membutuhkan waktu dan investasi yang tidak sedikit. Alternatif yang lebih baik adalah membangun toko Anda melalui platform eCommerce.

Jika Anda menjual produk daring / digital, pengiriman harus otomatis. Jika Anda menjual produk fisik, pengiriman yang cepat menjadi penting, juga memberikan kemampuan pada pembeli untuk melacak pengiriman barang yang mereka beli.

5. Promosikan toko online Anda

Memiliki situs web atau blog yang bagus saja tidak cukup untuk mendatangkan traffic dan penjualan. Anda perlu menarik orang ke toko online Anda dan memastikan mereka melakukan pembelian.

Tempatkan diri Anda dalam posisi calon pembeli Anda. Apa yang akan mereka lakukan? Apa yang paling disukai dan lain-lainnya.

Baca Juga :  Mau Bisnis Online Sukses? Terapkan Content Marketing !

Untuk mempromosikan situs jualan online Anda bisa dilakukan secara gratis ataupun berbayar. Yang gratis misalnya melalui google search engine dengan menerapkan teknik SEO yang mumpuni, atau dengan membuat halaman Facebook atau memanfaatkan jejaring media sosial lainnya seperti twitter, instagram dan lainnya.

Anda perlu menginvestasikan banyak waktu dan energi setiap harinya untuk mempromosikan situs web. Cobalah menulis artikel yang relevan di situs Anda, atau minta orang lain untuk meninjau produk Anda di situs web mereka.

Teknik-teknik untuk membantu situs web Anda muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian Google disebut Search Engine Optimization, atau SEO. Anda juga dapat mengiklankan situs web Anda di search engine atau situs web lainnya – ini disebut Search Engine Marketing (SEM). Dua jaringan iklan besar adalah Google AdWords dan Facebook ads. (Baca juga : Cara Efektif Menggunakan Facebook Untuk Promosi Bisnis Kecil).

Selalu Evaluasi Teknik/Cara Jualan Online Anda

Untuk membangun bisnis online yang sukses Anda harus bersabar. Dibutuhkan banyak waktu dan upaya untuk membangun pasar dan membangun bisnis. Tetapi jangan menyerah. Dengan melakukan cara jualan online yang efektif dan efisien pada waktunya Anda akan berhasil.

Selalu fokus untuk mendapatkan calon pelanggan untuk mengunjungi blog atau situs web Anda. Gunakan Google Analytics untuk melihat sumber mana yang mendatangkan pelanggan paling prospektif dan yang berkonversi menjadi penjualan terbaik. Apakah Facebook, Twitter, Instagram, Iklan di Adword, atau hasil pencarian organik. Lakukan evaluasi dan fokuskan sumber daya Anda pada cara yang paling menguntungkan. Misalnya, hasil evaluasi menunjukkan ternyata Facebook ads adalah cara jualan online yang paling efektif maka fokuskan sumber daya di situ.

Pelanggan yang ada adalah yang paling menguntungkan Anda. Dorong pelanggan Anda untuk mengunjungi situs Anda secara teratur dengan memperbarui konten Anda secara teratur, membuat daftar email dan secara konsisten mengirimkan informasi yang relevan.

Dorong pelanggan Anda untuk berbagi tautan artikel website Anda di akun media sosial mereka. Ingat, Anda tidak hanya meminta mereka untuk melakukan pembelian, Anda meminta mereka untuk mempromosikan toko online Anda kepada jaringan mereka – rekomendasi pribadi dan dukungan pelangga dapat sangat berharga dan akan berkonversi dengan baik sebagai sumber pelanggan baru.