Katamasa

Bledstop Tablet & Injeksi (Methylergometrine maleate) : Info Lengkap

Bledstop adalah obat yang mengandung Methylergometrine. Kegunaan Bledstop adalah untuk mencegah dan menangani kasus perdarahan postpartum dan postabortal. Di apotek, tersedia Bledstop tablet 125 mcg tablet dan Bledstop injeksi 200 mcg/mL.

Bledstop Methylergometrine maleate diproduksi oleh Sanbe Farma. Harga Bledstop tablet 125 mcg di kisaran Rp. 5.400 per pepel (10 tablet), sedangkan harga Bledstop injeksi 200 mg/mL di kisaran Rp. 7.500 per ampul.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat ini. Bledstop obat apa, apa manfaat, efek samping, dan mengenal merk-merk obat yang mengandung Methylergometrine lainnya.

Bledstop Obat Apa?

Obat ini digunakan untuk mencegah dan mengatasi perdarahan pospartum dan postabortal. Obat ini mengandung zat aktif Methylergometrine maleate, diproduksi oleh perusahaan farmasi, yaitu, Sanbe Farma. Tersedia 2 jenis, yaitu Bledstop tablet dan Bledstop injeksi.

Zat aktif

Methylergometrine adalah alkaloid ergot, yang secara langsung merangsang kontraksi otot polos uterus dan pembuluh darah.

Kegunaan Methylergometrine adalah untuk mencegah dan menangani kasus perdarahan postpartum dan postabortal. Methylergometrine adalah agonis / antagonis parsial pada reseptor serotonergik, dopaminergik dan alfa-adrenergik. Pola pengikatan dan aktivasi spesifik pada reseptor ini menyebabkan kontraksi otot uterus yang sangat tinggi melalui reseptor serotonin 5-HT2A. Pengaruhnya pada pembuluh darah lebih rendah dibandingkan alkaloid ergot lainnya.

Produsen

Bledstop diproduksi oleh Sanbe Farma/Caprifarmindo.

Isi/Kandungan

Kandungan Bledstop Tablet adalah :

Per tablet :

Kandungan Bledstop injeksi adalah :

Per mL ampul :

Bentuk Sediaan

Obat ini dijual dengan kemasan :

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi merk-merk obat yang mengandung Methylergometrine secara singkat :

Informasi ObatMethylergometrine
GolonganG (Dengan resep)
Indikasiperdarahan postpartum dan postabortal
Dosislihat bagian dosis
Aturan Pakaitablet : dengan atau tanpa makanan
KontraindikasiHipertensi, pasien eklampsia atau yang sebelumnya hipertensi, penyakit jantung, pintasan venoatrial, stenosis katup mitral, penyakit pembuluh darah obliterative; kasus aborsi spontan; Kehamilan.
Sediaantablet 125 mcg; injeksi 200 mcg
Merk yang tersediaBledstop, Glomethyl, Mergotrin, Methergin, Metherinal, Methovin, Metiagin, Metilat, Metvell, Myomergin, Myotonic, Pospargin, Utergin, Viatrin

Indikasi dan Kegunaan

Sebelum menggunakan obat ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Berikut adalah beberapa daftar kegunaan Bledstop :

Kontraindikasi

Obat ini kontraindikasi pada pasien berikut ini :

Efek Samping

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Berikut adalah beberapa efek samping Bledstop yang bisa terjadi :

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan obat Bledstop :

Penggunaan Bledstop Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

Menurut FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat), Methylergometrine masuk obat kategori C dengan penjelasan sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Interaksi

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat yang mungkin terjadi :

Dosis Bledstop

Berikut adalah dosis yang lazim digunakan :

A. Dosis Bledstop Tablet

Berikut adalah aturan dosis Bledstop tablet untuk masing-masing indikasi.

Involusi uterus

Subinvolusi, perdarahan masa nifas & lochiometral

Profilaksis perdarahan postpartum

B. Dosis Bledstop injeksi

Berikut adalah aturan dosis Bledstop injeksi untuk masing-masing indikasi.

Kontrol perdarahan uterus dalam keadaan darurat

Subinvolusi, perdarahan masa nifas & lochiometral

Operasi caesar

Aturan Pakai

Artikel Pengetahuan Obat lainnya :

Bledstop tablet dan Bledstop injeksi adalah obat yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Jangan menggunakan obat ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.

Sharing is caring