Berbagai Manfaat Kartu Kredit Ini Wajib Anda Tahu

kartu kredit
Kartu Kredit mempunyai beragam manfaat, namun tetap harus digunakan secara bijak

Berbagai Manfaat Kartu Kredit – Dahulu, pemilik kartu kredit bisa dihitung dengan jari. Namun sekarang, dengan semakin banyaknya informasi tentang besarnya manfaat kartu kredit, baik untuk usaha atau sekedar untuk konsumtif membuat semakin banyak orang tertarik memilikinya. Terlebih syarat pengajuan aplikasi kartu kredit saat ini sudah semakin ringan. Bahkan banyak Bank yang membuka penawaran pengajuan aplikasi kartu kredit di mall-mall. Hal ini semakin membuat kartu plastik yang berfungsi sebagai alat pembayaran ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masa kini.

Jika Anda belum memiliki kartu kredit atau mungkin sudah memiliki namun belum mengetahui apa saja menfaat kartu kredit, mungkin artikel ini bisa sedikit memberi gambarannya.

Berikut 10 manfaat kartu kredit :

  1. Penggunaannya Jauh Lebih Praktis dan Nyaman
  2. Mendapatkan Berbagai Manfaat Tambahan dari Vendor
  3. Relatif Lebih Aman daripada Transaksi Tunai
  4. Memberi Perlindungan Tambahan atas Pembelian
  5. Membantu Anda Menghadapi Keadaan Darurat yang Membutuhkan Dana Segera
  6. Mempermudah Anda Untuk Mengatur Anggaran Keuangan
  7. Memiliki Fleksibilitas dalam Melakukan Transaksi
  8. Mudah Melacak Pengeluaran Anda
  9. Mempermudah Transaksi Online
  10. Bisa Digunakan di Seluruh Dunia

Manfaat Kartu Kredit Yang Wajib Anda Tahu


  • Penggunaannya Jauh Lebih Praktis dan Nyaman

Saat anda bepergian untuk berbelanja di pusat perbelanjaan, mungkin saja anda melihat suatu barang yang sangat menarik dan benar-benar anda butuhkan. Namun sayangnya, saat itu anda tidak membawa banyak uang tunai didalam dompet atau tas. Jika anda tidak memiliki kartu kredit, mungkin anda akan menggunakan kartu debet/kartu ATM anda untuk bertransaksi. Namun hal itu hanya bisa anda lakukan hanya jika saldo rekening anda mencukupi.

Baca Juga :  10 Kelebihan Kartu Kredit Dibandingkan Transaksi Tunai

Namun jika anda memiliki kartu kredit, cukup dengan menggesek kartu kredit, transaksi anda bisa diselesaikan. Jadi dengan menggunakan kartu kredit transaksi anda bisa lebih efisien.

  • Mendapatkan Berbagai Manfaat Tambahan dari Vendor

Biasanya vendor penerbit kartu kredit akan memberikan poin kepada anda berdasarkan jumlah transaksi yang anda lakukan. Semakin besar dan sering jumlah transaksi yang anda lakukan menggunakan kartu kredit, semakin banyak poin yang akan anda dapatkan. Poin-poin tersebut nantinya dapat ditukarkan dengan berbagai  bonus dan hadiah menarik. Hadiah-hadiah itu bisa berupa frequent flier miles atau travel points yang dapat ditukarkan dengan tiket pesawat  gratis bagi anda yang sering membeli tiket pesawat menggunakan kartu kredit.

  • Relatif Lebih Aman daripada Transaksi Tunai

Uang tunai yang dicuri bisa digunakan oleh siapa saja. Dengan menggunakan kartu kredit, saat kartu kredit anda hilang, anda cukup menghubungi vendor kartu kedit anda untuk meminta mereka untuk mem-block kartu kredit yang hilang tersebut. Dengan begitu anda akan terhindar dari penggunaan kartu tanpa izin dari anda.

  • Memberi Perlindungan Tambahan atas Pembelian

Saat anda membeli barang dengan kartu kedit, Anda akan mendapatkan perlindungan jika produk/jasa tersebut cacat atau tidak memuaskan. Kenapa bisa begitu? Karena Bank penerbit kartu tersebut bisa melakukan intervensi atas nama Anda jika terjadi perselisihan. Namun kalau Anda telah membayar tunai atau dengan cek, maka merchant tidak akan terlalu tertarik untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian.

  • Membantu Anda Menghadapi Keadaan Darurat yang Membutuhkan Dana Segera

Bayangkan jika anda mengalami musibah yang tidak terduga, sedangkan saat itu anda tidak memiliki uang tunai atau saat itu anda kesulitan mendapatkan uang tunai. Mungkin anda akan datang ke teman atau kolega untuk meminjam uang. Iya kalau dikasi, kalau nggak mungkin anda akan merasa malu atau malah marah sama teman anda.

Baca Juga :  5 Perbedaan Kartu Kredit VISA dan MasterCard

Jika anda memiliki kartu kredit, Anda dapat menggunakan  kartu kredit  untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu. Jadi anda setidaknya memiliki waktu tambahan untuk mengusahakan uang itu. Syukur-syukur jatuh tempo datang setelah anda menerima gaji bulanan, maka anda bisa segera membayarnya.

  • Mempermudah Anda Untuk Mengatur Anggaran Keuangan

Saat anda berbelanja dengan kartu kredit dalam jumlah besar, kartu kredit memberikan fasilitas besaran jumlah yang akan dicicil. Pelunasan dapat di sesuaikan dengan kondisi keuangan anda saat itu. Apakah anda akan membayar sekaligus atau secara bertahap.

  • Memiliki Fleksibilitas dalam Melakukan Transaksi

Saat anda tidak memiliki uang tunai namun ada barang yang anda butuhkan, Anda dapat menggunakan kartu kredit untuk membeli barang tersebut terlebih dahulu. Kemudian untuk pelunasannya dapat dilakukan dikemudian hari dan dapat diatur se-flexibel mungkin sesuai dengan kondisi keuangan anda.

  • Mudah Melacak Pengeluaran Anda

Dengan berbelanja menggunakan kartu kredit, seluruh transaksi anda sudah dicatat oleh vendor kartu kredit. Jadi anda bisa mengetahui transaksi apa saja yang sudah anda lakukan selama menggunakan kartu kredit yang anda miliki tersebut.

Hal ini tentu tidak bisa anda dapatkan jika selalu bertransaksi menggunakan uang tunai. Kecuali anda adalah tipe orang yang sudah terbiasa mencatat pengeluaran harian. (Baca 7 Cara Mengatur Gaji Agar Cukup Sampai Akhir Bulan)

  • Mempermudah Transaksi Online

Dengan menggunakan kartu kredit akan mempermudah anda melakukan transaksi online. Saat ini hampir semua toko online menyediakan fasilitas pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

Jika anda memiliki akun Paypal, kartu kredit juga berguna untuk memverifikasi akun tersebut. Sehingga anda bisa bertransaki dengan toko online luar negeri dengan menggunakan paypal.

  • Bisa Digunakan di Seluruh Dunia

Saat ini sebagian besar kartu kredit bisa diterima dan digunakan di seluruh dunia pada tempat-tempat yang menyediakan fasilitas pembayaran menggunakan kartu kredit. Jadi bagi anda yang suka traveling ke luar negeri, Anda tidak perlu lagi repot  menyiapkan uang tunai dalam jumlah besar dan repot-repot menukarkannya dengan mata uang Negara tujuan anda. Hal ini tentu sangat bermanfaat terutama dari segi efisiensi dan keamanan liburan anda.

Baca Juga :  5 Perbedaan Kartu Kredit VISA dan MasterCard

Meskipun Manfaat Kartu Kredit Sangat Banyak, Tetaplah Bijak Menggunakan Kartu Kredit


Walaupun manfaat kartu kredit sangat banyak seperti telah disebutkan, penggunaan kartu kredit yang bijak dan cermat tetap diperlukan. Jangan sampai dikemudian hari anda terlilit dan terjebak hutang karena penggunaan kartu kredit yang tidak terkontrol. Gunakan hanya jika anda benar-benar membutuhkannya. Dan yang paling penting, sesuaikan penggunaan kartu kredit dengan kemampuan anda membayar tagihannya.