Mengenal Bagian-bagian Komputer/Laptop dan Fungsinya

Bagian-bagian komputer desktop dan laptop – Sistem komputer terdiri dari dua elemen utama, yaitu hardware /perangkat keras dan software/perangkat lunak. Apa pun jenis komputer Anda, baik komputer desktop atau laptop, pasti terdiri dari kedua komponen itu.

Hardware adalah bagian-bagian komputer/laptop yang dapat Anda sentuh secara fisik. Sedangkan software adalah seperangkat instruksi/program bagi komputer/laptop untuk melakukan operasi tertentu. Anda membutuhkan hardware dan software agar sistem komputer berfungsi.

Yang termasuk hardware komputer, misalnya casing komputer, monitor, keyboard, dan mouse. Hardware juga mencakup semua bagian komputer yang ada di dalam casing komputer, seperti hard disk drive, motherboard, video card, dan banyak lainnya.

Beberapa komponen hardware komputer mudah dikenali, seperti casing komputer, keyboard, dan monitor. Namun, ada banyak jenis komponen hardware lainnya, yang terkadang tidak diketahui awam.

Dalam artikel ini, kita akan membahas dan mengenali berbagai bagian-bagian komputer atau laptop dan apa saja fungsinya.

Jenis-jenis Komputer

Sebelum membahas bagian-bagian komputer, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu dua jenis komputer yang berbeda : komputer desktop dan komputer laptop. (Baca juga : Pilih komputer desktop atau laptop?).

Komputer desktop terdiri dari casing komputer, monitor, keyboard, dan mouse terpisah. Seperti namanya, jenis komputer ini biasanya ditempatkan di atas meja dan tidak terlalu portabel.

Laptop memiliki komponen yang sama tetapi terintegrasi ke dalam satu unit portabel. Dinamai laptop karena jenis komputer ini sering dipakai dengan cara dipangku di atas paha. Laptop ada 2 jenis, yaitu Notebook dan Netbook. (Baca juga : Perbedaan laptop, Notebook, dan Netbook).

Jadi, perbedaan antara komputer desktop dan laptop salah satunya adalah : bagian-bagian komputer desktop ada yang terpisah satu sama lain. Sedangkan bagian-bagian laptop terintegrasi dalam satu unit yang portable.

Daftar bagian-bagian komputer

Komputer atau laptop terdiri dari banyak komponen. Ada yang bisa dilihat dari luar, ada yang tersembunyi di balik casing.

Bagian-bagian komputer dan laptop di dalam casing

Berikut adalah beberapa bagian-bagian komputer yang sering Anda temukan di dalam komputer modern. Bagian-bagian komputer ini hampir selalu terletak di dalam casing komputer/laptop, sehingga Anda tidak akan melihatnya kecuali Anda membongkarnya.

Casing komputer/laptop adalah bagian komputer yang paling menonjol dari luar. Fungsi casing komputer adalah memberikan perlindungan mekanis pada komponen-komponen internal seperti motherboard, drive disk, dan power supply.

Casing komputer/laptop juga berperan untuk mengontrol dan mengarahkan aliran udara pendingin ke komponen-komponen internal.

Casing juga merupakan bagian dari sistem komputer yang berfungsi untuk mengontrol interferensi elektromagnetik yang dipancarkan oleh komputer, dan melindungi bagian internal dari pelepasan muatan listrik statis.

Berikut adalah penjelasan mengenai bagian-bagian komputer/laptop yang terletak di dalam casing :

A. Motherboard

bagian-bagian komputer atau laptop motherboard

Motherboard komputer/laptop juga dikenal sebagai mainboard. Produsen motherboard yang populer, misalnya, ASUS, AOpen, Intel, ABIT, MSI, Gigabyte, Biostar, dll.

Motherboard adalah komponen utama komputer. Motherboard adalah papan dengan sirkuit terintegrasi.

Motherboard berfungsi untuk menghubungkan semua bagian komputer. CPU, memori, hard drive, dan port lain serta kartu ekspansi semuanya terhubung ke motherboard secara langsung atau melalui kabel.

Bagian-bagian Motherboard :

Segala komponen komputer yang ada dalam casing komputer terhubung dengan cara tertentu ke motherboard sehingga semua bagian dapat saling terkoneksi.

Bagian-bagian motherboard yang utama adalah slot penghubung hardware lainnya, misalnya, video card, audio card, hard drive, drive optik, CPU, stik RAM, port USB, power suplly, dll.

Baca Juga :  11 Pengertian Data Menurut Para Ahli (Jenis, Fungsi, Contoh)

Bagian-bagian motherboard lainnya, seperti, slot ekspansi, jumper, kapasitor, perangkat daya dan koneksi data, kipas, heat sink, dan lain-lain.

Motherboard sangat bervariasi tergantung pada jenis komponen yang didukungnya. Sebagai contoh, setiap motherboard mendukung satu jenis CPU dan jenis kartu memori tertentu (misal hanya DDR1 atau hanya DDR2). Selain itu, beberapa video card, jenis hard drive, dan periferal lainnya mungkin tidak kompatibel. Maka, pabrikan motherboard akan memberikan panduan yang jelas tentang kompatibilitas komponen.

Beberapa Motherboard laptop (terkadang desktop juga) sering memiliki video card dan audio card built-in. Hal ini membantu menjaga ukuran motherboard tetap ringkas. Namun, hal ini juga membuat jenis motherboard ini tidak bisa diupgrade komponennya yang sudah built-in.

B. Central Processing Unit (CPU)

bagian-bagian komputer atau laptop cpu

CPU adalah komponen komputer/laptop yang berfungsi untuk menafsirkan dan mengeksekusi sebagian besar perintah dari hardware dan software komputer. Karena fungsinya itu, CPU disebut sebagai otak komputer.

Umumnya CPU hanya disebut dengan nama singkat yaitu prosesor.

CPU terletak pada soket/slot CPU pada motherboard. CPU dimasukkan ke dalam soket pin-side-down, dan tuas kecil untuk membantu mengamankan dari pergeseran/benturan.

Saat digunakan, CPU bisa sangat panas. Untuk membantu menghilangkan panas, diperlukan pendingin dan kipas langsung di atas CPU. Biasanya, penjualannya dibundel dengan CPU.

Produsen CPU untuk komputer desktop atau pun laptop yang paling populer adalah Intel dan AMD. Beberapa contoh prosesor produksi Intel adalah Prosesor Intel Core i3, i5 dan i7. Sedangkan contoh prosesor AMD adalah AMD Athlon 220GE dan 240GE, AMD Ryzen 3000 Series, AMD Ryzen 7 2700X Gold Edition, dan lainnya.

C. Random Access Memory (RAM)

bagian-bagian komputer atau laptop RAM memory

Random Access Memory, atau RAM adalah bagian dari komputer/laptop yang menyimpan data sementara. RAM menyimpan kode dan data yang diakses secara aktif oleh CPU. Misalnya, ketika browser web dibuka di komputer itu menggunakan memori. Data aktivitas ini disimpan dalam RAM sampai browser web ditutup.

Pada komputer desktop atau laptop, RAM lebih umum disebut memori. Modul memori hadir dalam berbagai kapasitas dan variasi. Modul memori modern dapat dibeli dalam ukuran 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, dan 16+ GB. Beberapa contoh dari berbagai jenis modul memori termasuk DIMM, RIMM, SIMM, SO-DIMM, dan SO-RIMM.

RAM lebih besar memungkinkan komputer atau laptop untuk bekerja dengan lebih banyak informasi pada saat yang sama, yang biasanya memiliki efek yang cukup besar pada kinerja total sistem.

Beberapa produsen RAM yang populer, misalnya, Kingston, PNY, Crucial, CORSAIR, dll.

D. Sumber Daya listrik/Power supply

bagian-bagian komputer atau laptop power supply

Power supply adalah bagian komputer/laptop yang digunakan untuk mengubah daya yang disediakan dari outlet menjadi daya yang dapat digunakan untuk bagian-bagian di dalam casing komputer.

Power supply mengubah arus bolak-balik (AC) menjadi bentuk daya berkelanjutan yang disebut arus searah (DC) yang diperlukan komponen komputer agar dapat berjalan secara normal.

Power supply juga mengatur panas berlebih dengan mengendalikan tegangan, yang mungkin berubah secara otomatis atau manual tergantung pada jenis power supply.

Power supply dipasang tepat di bagian belakang casing. Power supply menghubungkan listrik dari sumber listrik ke komponen komputer.

Umumnya ada kipas yang terbuka di bagian belakang power supply. Fungsinya untuk membawa udara keluar dari bagian belakang casing komputer.

Bagian power supply yang menghadap ke luar casing dihubungkan ke sumber daya. Power supply juga sering dilengkapi dengan saklar daya dan saklar tegangan.

Di bagian dalam, terdapat banyak bundel kabel-kabel memanjang. Konektor di ujung kabel terhubung ke berbagai komponen di dalam komputer.

Bentuk dan ukuran konektor dirancang khas untuk setiap bagian-bagian komputer. Ada konektor yang sesuai untuk kipas, floppy drive, hard drive, drive optik, dan komponen lainnya.

Baca Juga :  Perbandingan Laptop Asus dan Lenovo (Spek, Desain, Harga Dll)

Unit power supply berbeda-beda tergantung berapa besar watt. Nilai iwatt ni menunjukkan berapa banyak daya yang dapat disalurkan ke komputer. Karena setiap bagian komputer membutuhkan sejumlah daya untuk berfungsi dengan benar, penting untuk memilih power supply dengan watt yang tepat.

E. Video Card

Video card adalah kartu ekspansi yang memungkinkan komputer mengirim informasi grafis ke perangkat tampilan video seperti monitor, TV, atau proyektor.

Video card juga disebut dengan nama lain, seperti, kartu grafis, adaptor grafis, adaptor layar, adaptor video, pengontrol video, dan lain-lain.

Video card adalah bagian komputer yang berbentuk persegi panjang dengan banyak kontak di bagian bawahnya dan satu atau beberapa port di samping sebagai koneksi ke tampilan video dan perangkat lain.

Video card dipasang di slot ekspansi pada motherboard. Sebagian besar Video card versi baru dalam format PCIe, tetapi ada video card dalam format lama, yaitu PCI dan AGP.

Setiap motherboard hanya mendukung jenis video card tertentu, jadi pastikan untuk selalu memeriksa buku panduan motherboard Anda sebelum melakukan pembelian.

Kebanyakan komputer modern mempunyai video on-board – GPU terintegrasi langsung ke motherboard. Hal ini membuat harga komputer lebih murah. Namun, sistem grafisnya kurang baik. Jenis video card ini baik untuk pengguna komputer yang tidak terlalu perlu grafis tinggi.

Pada motherboard yang mendukung ekspansi video card, sudah tersedia slot khusus. Menggunakan video card khusus dapat meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan karena sudah memiliki RAM sendiri, pengatur daya, dan pendinginan sehingga sistem RAM dan CPU dapat digunakan untuk hal-hal lain.

Produsen video card populer misalnya NVIDIA atau AMD.

F. Hard Disk Drive (HDD)

bagian-bagian komputer atau laptop hard disk drive

Komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan program dan data disebut Hard disk drive. Sistem operasi (misalnya, windows), file berbagai macam software, driver dari hardware yang digunakan, dan sebagian besar file lainnya disimpan di hard disk drive.

Hard disk drive bisa dibagi ke dalam hanya 1 partisi, yaitu drive C, atau beberapa partisi, drive C, D, dst. Sistem operasi, seperti Microsoft Windows, secara default, disimpan di drive C sebagai partisi utama pada hard drive primer di dalam komputer.

Bagian belakang hard disk drive berisi port untuk kabel yang terhubung ke motherboard. Jenis kabel yang digunakan (SATA atau PATA) tergantung pada jenis drive. Kabel itu selalu disertakan saat pembelian hard drive. Juga ada koneksi untuk daya dari power supply.

Tidak seperti perangkat penyimpan data volatile seperti RAM, hard disk drive tetap menyimpan data bahkan ketika komputer dimatikan. Inilah sebabnya ketika Anda dapat me-restart komputer, Anda masih memiliki akses ke semua data saat komputer dihidupkan kembali.

Kapasitas hard disk drive adalah faktor besar yang diperhitungkan saat membeli komputer. Jika Anda ingin menyimpan banyak video atau gambar HD, atau mungkin Anda membutuhkan hard disk drive internal atau eksternal dengan kapasitas besar.

Beberapa produsen hard disk drive paling populer, misalnya, Seagate, Western Digital, Hitachi, dan Toshiba.

G. Drive Optik (misalnya, Drive BD / DVD / CD)

Drive optik mengambil dan / atau menyimpan data pada cakram optik seperti CD, DVD, dan BD (cakram Blu-ray).

Nama lain drive optik adalah drive disk, drive CD, drive DVD, drive BD. Di Indonesia sering disebut CD/DVD Rom

Drive optik adalah bagian komputer seukuran buku soft cover tebal. Bagian depan drive memiliki tombol Buka / Tutup kecil yang fungsinya untuk mengeluarkan dan menarik pintu ruang drive. Setelah terbuka, maka media seperti CD, DVD, dan BD bisa dimasukkan atau dikeluarkan dari drive.

Baca Juga :  15 Cara Menggunakan Laptop Baru Beli Agar Awet

Bagian belakang drive optik berisi port untuk kabel yang terhubung ke motherboard. Jenis kabel yang digunakan tergantung pada jenis drive. Juga ada koneksi untuk daya dari power supply.

Sebagian besar drive optik dapat memutar dan / atau merekam banyak format disk yang berbeda.

Format drive optik populer, misalnya, CD-ROM, CD-R, CD-RW, DVD, DVD-RAM, DVD-R, DVD + R, DVD-RW, DVD + RW, DVD-R DL, DVD + R DL, BD -R, BD-R DL & TL, BD-RE, BD-RE DL & TL, dan BDXL.

Beberapa produsen drive optik populer, misalnya, Samsung, LG, Memorex, dan NEC.

H. Touchpad

Touchpad hanya ada pada laptop, tidak ada di komputer desktop. Touchpad terintegrasi dengan body laptop.

Fungsi touchpad sama persis seperti mouse, yaitu sebagai pointer. Bahkan, kebanyakan orang lebih suka menggunakan mouse daripada touchpad. Kecuali jika mouse tidak ada/rusak.

Bagian-bagian komputer dan laptop di luar casing

Berikut adalah beberapa bagian komputer yang umumnya terletak di luar casing komputer. Terutama jenis komputer desktop. Untuk laptop dan tablet, beberapa komponen ini sering terintegrasi di dalam casing.

A. Monitor

Monitor adalah bagian komputer yang menampilkan informasi video dan grafik yang dihasilkan oleh komputer melalui video card.

Monitor sangat mirip dengan televisi tetapi biasanya memiliki resolusi yang jauh lebih tinggi.

Monitor, apa pun jenisnya, umumnya terhubung ke port HDMI, DVI, atau VGA. Monitor juga memiliki konektor lain, seperti, USB, DisplayPort, dan Thunderbolt.

Sebelum membeli monitor, pastikan mendukung jenis koneksi yang sama dengan video card. Misalnya, komputer Anda hanya mendukung port VGA, jangan membeli monitor yang hanya memiliki port HDMI.

Meskipun sebagian besar video card dan monitor memiliki banyak port sehingga dapat bekerja dengan berbagai jenis perangkat, tetap penting untuk memeriksa kompatibilitasnya.

Beberapa produsen monitor komputer populer misalnya Acer, Samsung, Dell, LG Electronics, Scepter, HP, dan AOC.

B. Keyboard

Keyboard adalah bagian komputer yang digunakan untuk mengetik teks, karakter, dan perintah lain ke dalam komputer atau laptop.

Keyboard adalah perangkat periferal eksternal pada komputer desktop. Sedangkan pada laptop, keyboard terintegrasi dengan body laptop.

Sebagian besar keyboard adalah jenis QWERTY. Keyboard terdiri dari angka, huruf, simbol, tombol panah, dll. Sebagian besar juga dilengkapi keypad numerik, fungsi tambahan seperti kontrol volume, tombol untuk mematikan atau sleep atau bahkan mouse trackball bawaan yang berfungsi untuk mempermudah menggunakan keyboard dan mouse secara sekaligus.

Saat ini sudah banyak tersedia keyboard nirkabel yang terkoneksi dengan komputer melalui Bluetooth atau penerima RF.

Keyboard dengan kabel terhubung ke motherboard melalui kabel USB, menggunakan konektor USB Type A. Keyboard versi lama terhubung melalui koneksi PS / 2.

Keyboard pada laptop terintegrasi dengan body, tetapi secara teknis tetap dianggap keyboard kabel karena memang terhubung menggunakan kabel.

Selain memiliki keyboard terintegrasi, laptop dapat disambungkan dengan keyboard eksternal yang dipasang melalui USB.

Produsen keyboard populer misalnya Microsoft dan Logitech. Namun, sangat banyak merk keyboard lainnya.

C. Mouse

Mouse atau pointer adalah bagian komputer atau laptop yang dioperasikan dengan tangan untuk memanipulasi objek pada layar komputer.

Meskipun mouse adalah perangkat periferal yang berada di luar body komputer, mouse tetap bagian komputer yang penting. Setidaknya untuk komputer yang bukan layar sentuh.

Mouse nirkabel terhubung ke komputer melalui komunikasi RF atau Bluetooth. Mouse nirkabel berbasis RF akan membutuhkan penerima yang secara fisik terhubung ke komputer. Mouse nirkabel Bluetooth terhubung melalui Bluetooth di komputer.

Mouse dengan kabel terhubung ke komputer melalui USB menggunakan konektor Tipe A. Mouse tipe lama terhubung melalui port PS / 2.

Demikian artikel yang membahas mengenai bagian-bagian komputer dan laptop. Semoga bermanfaat.