Attapulgite Tablet & Syrup (Obat Diare) : Informasi Lengkap

Attapulgite adalah obat diare yang bisa digunakan secara tunggal atau kombinasi dengan pectin. Kegunaan Attapulgite adalah untuk mengatasi gejala diare akibat keracunan makanan dan toksin dari bakteri dan virus.

Obat diare ini tersedia baik berupa generik maupun paten / bermerk. Attapulgite paten, misalnya : New Diatabs, Molagit (+ pectin), dll. Harga Attapulgite relatif terjangkau, sediaan obat diare ini pun cukup beragam, baik berupa tablet atau Attapulgite syrup.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat diare ini. Attapulgite obat apa, apa kegunaan, efek samping, formulasi sediaan, dan mengenal merk-merk dagang Attapulgite paten yang tersedia di pasaran.

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi Attapulgite secara singkat :

Informasi ObatAttapulgite
GolonganB (Tanpa resep)
Indikasimengobati diare, mengurangi intensitas buang air besar, memperbaiki kualitas feses agar tidak terlalu padat atau cair, dan meredakan kram gastrointestinal akibat diare.
Dosislihat bagian dosis
Aturan PakaiDengan atau tanpa makanan
KontraindikasiHipersensitivitas, Gagal ginjal atau gagal hati yang parah.
Sediaantablet 600 mg; syrup
Merk yang tersediaAkita, Arcapec, Arcapec, Biodiar, Coro-sorb, Indo Obat Diare, Licopec, Molagit, Neo Diarex, Neo Enterodiastop, Neo Enterodine, Neo Entrostop, Neo Envios, Neo Koniform, New Diatab, Pularex, Salfaplas, Selediar, Stodiar, Tagyt, Teradi.

Attapulgite Obat Apa?

Attapulgite adalah senyawa kompleks magnesium aluminium phyllosilicate dengan rumus kimia (Mg, Al) 2Si4O10 (OH) 4- 4 (H2O). Senyawa ini berupa serbuk sangat halus, memiliki pH antara 7,0-9,5.

Mekanisme aksi

Sebelum digunakan sebagai obat diare, senyawa ini dimurnikan dan diaktifkan terlebih dahulu. Caranya adalah dengan pemanasan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan adsorpsinya. Mekanisme aksi Attapulgite adalah dengan cara mengikat asam, zat beracun, bakteri atau kuman dan menurunkan kehilangan air pada perut dan saluran pencernaan.

Nama Dagang

Obat diare ini diperdagangkan dalam berbagai merk sediaan obat paten, yaitu : Akita, Arcapec, Arcapec, Biodiar, Coro-sorb, Indo Obat Diare, Licopec, Molagit, Neo Diarex, Neo Enterodiastop, Neo Enterodine, Neo Entrostop, Neo Envios, Neo Koniform, New Diatab, Pularex, Salfaplas, Selediar, Stodiar, Tagyt, Teradi.

Attapulgite obat diare

Indikasi dan Kegunaan Attapulgite

Sebelum menggunakan obat diare ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Baca Juga :  Flutamol Caplet & Syrup (Obat Flu dan Batuk) : Informasi Lengkap

Kegunaan Attapulgite adalah untuk mengobati diare, mengurangi intensitas buang air besar, memperbaiki kualitas feses agar tidak terlalu padat atau cair, dan meredakan kram gastrointestinal akibat diare.

Kontraindikasi

Obat diare ini kontraindikasi pada pasien berikut ini :

  • Hipersensitif terhadap attapulgite.
  • Gagal ginjal atau gagal hati yang parah.

Efek Samping Attapulgite

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Efek samping yang paling sering dari obat antidiare ini adalah konstipasi/sembelit. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan obat ini dapat memicu reaksi lainnya. Contohnya perut kembung, sakit perut, dan mual. Segera hentikan konsumsi obat dan hubungi dokter jika Anda mengalami efek samping dengan tingkat keparahan yang tinggi.

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan obat diare ini :

  • Sebelum menggunakan obat diare ini, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda alergi terhadapnya; atau jika Anda memiliki alergi lain.
  • Sebelum minum obat ini, beri tahu dokter atau apoteker tentang riwayat kesehatan Anda, terutama : Gangguan ginjal. Asma bronkial. Obstruksi usus. Hipertrofi prostat.
  • Penggunaan pada anak / Lansia – Kehilangan cairan yang disebabkan oleh diare dapat menyebabkan kondisi yang parah. Untuk alasan ini, antidiare tidak boleh diberikan kepada anak-anak kecil (di bawah 3 tahun) tanpa terlebih dahulu memeriksakan pasien ke dokter. Pada anak yang lebih besar, antidiare dapat digunakan, tetapi juga sangat penting untuk memberikan jumlah cairan yang cukup untuk menggantikan cairan yang hilang. (sumber).
  • Penggunaan dengan obat-obatan lain – Walaupun obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan bersama-sama, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama-sama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin akan mengubah dosis, atau tindakan pencegahan lain mungkin diperlukan. Jika Anda minum obat lain, jangan minum attapulgite dalam rentang waktu 2 hingga 3 jam.
  • Pasien lansia mungkin lebih rentan mengalami efek samping obat. Oleh karena itu, Jika Anda berusia 65 ke atas, gunakan obat diare ini secara hati-hati.
Baca Juga :  Tuzalos (Obat Flu dan Batuk) : Informasi Lengkap

Penggunaan Attapulgite Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

Secara formal, FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) belum mengkategorikan obat diare ini ke dalam kategori tertentu. Penelitian pada hewan belum dilaporkan.

Oleh karena belum ada data terkontrol yang memadai, penggunaan Attapulgite untuk ibu hamil hanya dilakukan jika dipastikan manfaatnya lebih besar daripada risiko.

Belum ada data apakah obat diare ini masuk ke dalam ASI. Namun, senyawa obat diare ini tidak diserap secara sistemik, oleh karena itu keberadaanya dalam ASI sangat kecil kemungkinannya. Oleh karena itu, penggunaan Attapulgite untuk ibu menyusui secara umum bisa dikatakan aman. Namun, berkonsultasilah dengan dokter untuk lebih jelasnya.

Interaksi

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat yang mungkin terjadi :

  • Mengurangi aksi ipecacuanha dan emetik lainnya.
  • Dapat mempotensiasi efek antikolinergik dari antihistamin, antidepresan, antipsikotik, obat antiparkinson.
  • Attapulgite dapat menurunkan absorpsi benztropine, trihexyphenidyl, loxapine, dan dicyclomine. Obat-obat tersebut harus diminum setidaknya 2 jam sebelum atau setelah mengonsumsi attapulgite.
  • Jika digunakan bersama obat anti nyeri opiat seperti oxycodone, hydrocodone, propoxyphene, morfin dan kodein, bisa menyebabkan sembelit.

Dosis Attapulgite

Berikut adalah dosis yang lazim digunakan untuk mengobati gejala diare :

  • Dewasa dan anak ≥12 tahun : 2 tablet setelah setiap buang air besar dengan maksimal 12 tablet dalam 24 jam.
  • Anak usia 6-12 tahun : 1 tablet setelah setiap buang air besar, dengan maksimal 6 tablet dalm 24 jam.

Aturan Pakai

  • Baca Panduan Pengobatan yang disediakan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai menggunakan obat diare ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.
  • Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respons terhadap pengobatan. Jangan menambah dosis atau minum obat ini lebih sering daripada yang diarahkan.
  • Jika Anda menggunakan bentuk cair dari obat ini, kocok botol dengan lembut sebelum menggunakannya. Hati-hati mengukur dosis menggunakan alat pengukur khusus / sendok. Jangan menggunakan sendok rumah tangga karena Anda mungkin tidak mendapatkan dosis yang tepat.
  • Dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Jika sakit perut terjadi saat menggunakan obat ini, minum obat setelah makan.
  • Bentuk kapsul bisa mengandung jumlah obat yang berbeda dari tablet dan bentuk larutan. Jangan beralih antara kapsul dan bentuk lainnya tanpa izin dan arahan dokter Anda.
  • Dalam mengobati diare, rehidrasi adalah yang utama. Oleh karena itu, pasien harus minum banyak cairan.
  • Attapulgite mengganggu absorbsi beberapa jenis obat. Jika Anda sedang menggunakan obat lain, berkonsultasilah dengan dokter atau apoteker apakah obat-obat itu bisa diperguakan secara bersamaan.
  • Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal. Ingat untuk menggunakannya pada waktu yang sama setiap hari.
  • Katakan kepada dokter jika kondisi Anda memburuk.
Baca Juga :  Alprazolam Obat Apa? Dosis, Kegunaan, Efek Samping

Artikel Pengetahuan Obat lainnya

Attapulgite adalah obat yang bisa didapatkan tanpa melalui resep dokter. Meski bergitu, jangan menggunakan obat diare ini melebihi dosis dan durasi yang dianjurkan. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.