Antivirus Windows 10 : Apakah Perlu Install Selain Windows Defender?

Antivirus Windows 10 – Jika Anda baru saja membeli laptop atau komputer desktop yang didukung sistem operasi Windows 10, mungkin Anda memiliki pertanyaan seperti : “Apakah saya harus menginstall antivirus lagi?”. Secara teknis, jawabannya adalah tidak. Microsoft sudah membekali sistem operasi ini dengan Windows Defender, sebuah antivirus bawaan Windows 10.

Lalu pertanyaan berikutnya adalah : “Apakah Windows Defender adalah antivirus terbaik untuk laptop windows 10?”. Jawaban singkatnya adalah ya. Jawaban panjangnya adalah itu tergantung pada kebutuhan keamanan seperti apa yang Anda butuhkan.

Untuk menjawab pertanyaan ini tentu tidak gampang. Harus didukung data-data yang valid. Dalam artikel ini kami akan mencoba membahas secara detail soal apakah antivirus Windows 10 ini sudah cukup mumpuni untuk laptop atau komputer desktop Anda.

Apa pun merk laptop Anda, apakah Asus, HP, Lenovo, atau lainnya, sepanjang menggunakan sistem operasi Windows 10, mungkin artikel tentang antivirus Windows 10 ini berguna bagi Anda.

Apa itu Windows Defender?

Windows Defender adalah antivirus bawaan windows 10. Windows Defender berfungsi sebagai perangkat lunak antivirus dan anti-spyware.

Pada OS windows versi lama, seperti Windows Vista atau Windows 7, antivirus bawaan windows ini hanya berfungsi sebagai perangkat lunak anti-spyware. Selain Windows Defender, Microsoft menyediakan program antivirus gratis terpisah yang disebut Microsoft Security Essentials. Antivirus ini tersedia untuk Windows 7 juga Vista.

Kemudian, banyak fitur-fitur Security Essentials ditambahkan ke program Windows Defender untuk Windows 8. Hal ini memungkinkan Windows Defender mendeteksi dan menghapus virus juga, yang sebelumnya hanya sebagai anti-spyware.

windows defender antivirus windows 10 bawaan

Selanjutnya, Windows Defender didapuk sebagai program antivirus bawaan Windows 10. Secara keseluruhan sistem keamanan ini disebut Windows Defender Security Center.

Baca Juga :  6 Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop/PC Windows

Windows Defender Security Center menawarkan beberapa fitur keamanan untuk memantau status komputer Anda dan membantu menjaga keamanannya. Antivirus bawaan ini juga dapat bekerja bersama-sama software antivirus lain dari pihak ke-3.

Jadi, apakah Windows Defender sudah cukup? Atau kalau perlu dikombinasikan dengan software antivirus lain, Apa antivirus Windows 10 yang terbaik?

Cukupkah hanya Windows Defender?

Apakah cukup hanya menggunakan antivirus Windows 10 bawaan untuk melindungi laptop atau komputer desktop Anda?

Jika Anda merasa perlu untuk melindungi data-data penting, misalnya Anda seorang pengelola koperasi, atau Anda menyimpan foto, dokumen, atau data penting lainnya, maka Windows Defender saja tidak cukup.

Namun, jika Anda tidak pernah menyimpan data-data penting di laptop atau komputer atau Anda bukan pengguna internet nakal yang sering browsing ke situs terlarang, download konten ilegal, instal aplikasi tidak jelas, dan sebagainya. Maka, Windows Defender sudah cukup.

Namun ada syaratnya jika ingin Windows Defender bekerja secara maksimal melindungi laptop atau komputer Anda, tanpa tambahan aplikasi antivirus Windows 10 lain, yaitu lakukan update berkala secara rutin.

Perbandingan Windows Defender dengan antivirus lain

Windows Defender versi awal memiliki kemampuan mendeteksi virus lebih rendah daripada antivirus lain, tetapi kini semakin mendekati kemampuan antivirus lain bahkan melebihi beberapa diantaranya.

Kelebihan utama program antivirus bawaan Windows 10 ini adalah program ini sepenuhnya gratis. Sementara program antivirus lainnya, berbayar jika Anda menginginkan fitur lengkapnya.

Selain soal biaya, bagaimana dengan kemampuan? Sebuah studi AV Comparatives 2017 menunjukkan kemampuan Windows Defender di bawah antivirus lainnya dalam hal perlindungan, kegunaan, dan kinerja. Windows Defender juga kurang fitur ramah konsumen yang semakin populer – seperti pengelola password dan jaringan virtual pribadi (VPN) bawaan.

Antivirus bawaan Windows 10 ini mungkin cukup untuk menghadapi spyware dan virus biasa, namun tidak cukup untuk menghentikan jenis malware yang lebih canggih dan lebih spesifik, seperti ransomware.

Baca Juga :  Mengenal Bagian-bagian Komputer/Laptop dan Fungsinya

Windows Defender juga mungkin tidak cukup untuk melindungi dari jenis ancaman keamanan lainnya, seperti phishing. Pada titik ini lah bahwa ada baiknya Anda memikirkan untuk menginstall antivirus pihak ketiga, terutama versi berbayar untuk mendapatkan sistem keamanan penuh.

Anda bisa memilih banyak antivirus. Perusahaan keamanan cyber, seperti McAfee, Norton, Kaspersky, dan sebagainya sudah mengeluarkan produk antivirus Windows 10 besutan mereka. Silahkan periksa mana yang cocok sesuai kebutuhan Anda.

Program antivirus Windows 10 versi berbayar dari pihak ketiga sudah didukung fitur-fitur keamanan, seperti firewall, email spam, atau menghapus file yang tidak perlu.

Beberapa antivirus Windows 10 itu juga memiliki fitur seperti cadangan data, peringatan keamanan yang dipersonalisasi, dan kontrol orangtua.

Fitur cadangan sangat penting untuk melindungi data-data penting. Kontrol orangtua baik untuk orang-orang yang khawatir tentang penggunaan komputer oleh anak-anak mereka.

Tetapi, memiliki banyak antivirus di laptop atau komputer bisa sangat berguna, sekaligus juga mahal.

Bagi mereka yang tidak membutuhkan semua fitur yang ditawarkan antivirus Windows 10 versi premium ini, bisa menggunakan versi gratisnya saja.

Menggunakan Windows Defender dan antivirus gratis lainnya juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan perlindungan yang baik tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Antivirus terbaik digunakan bersama Windows Defender

Ada beberapa antivirus tambahan yang dapat Anda gunakan bersama antivirus bawaan Windows 10 ini.

Kenapa Anda perlu antivirus tambahan? Karena ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh Windows Defender tapi bisa dilakukan oleh antivirus-antivirus tambahan ini.

Lalu, apa antivirus Windows 10 terbaik sebagai tambahan Windows Defender?

Memilih antivirus terbaik untuk laptop atau komputer desktop Anda tergantung pada berbagai faktor.

Salah satu faktor utama adalah harga. Faktor lainnya, misalnya kemudahan penggunaan, kinerja yang dimilikinya dan yang paling penting, seberapa baik melindungi komputer Anda dan data Anda.

Baca Juga :  3 Perbedaan Laptop dan Notebook serta Netbook

Antivirus premium cukup mahal, tetapi merupakan pilihan tepat bagi orang-orang yang menginginkan kenyamanan, kemudahan penggunaan, dan perlindungan terlengkap. Jika harga bukan masalah buat Anda, produk-produk dari McAfee, Norton, Kaspersky, dan antivirus premium lainnya bisa Anda gunakan bersamaan dengan Windows defender.

Namun jika harga adalah sebuah masalah, maka Anda bisa mencoba antivirus versi gratis.

Anda bisa mencoba Malwarebytes. Malwarebytes sangat bagus dalam mendeteksi dan menghapus malware yang sering dilewatkan oleh Windows Defender.

Malwarebytes tersedia dalam versi berbayar dan gratis. Tidak usah khawatir, fitur dasarnya dapat digunakan secara gratis tanpa batas waktu.

Pilihan lainnya adalah SUPERAntiSpyware versi gratis.

Antivirus Windows 10 Terbaik + Anti-malware

Bagaimana jika Anda malah memutuskan untuk menonaktifkan Windows defender dan menggunakan solusi keamanan lain?

Baca juga : Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Windows Defender (Windows 7,8 & 10)

Boleh saja. Sangat banyak aplikasi antivirus gratis di luaran sana.

Jika Anda lebih memilih menonaktifkan antivirus Windows 10 bawaan ini sebaiknya Anda harus menginstall antivirus lain. Laptop atau komputer tanpa program antivirus sangat riskan terserang virus. Gangguan kecil saja bisa menggangu, misalnya file di flashdisk tiba-tiba hilang tanpa sebab.

Baca juga : Cara mengembalikan file flashdisk yang hilang karena virus

Selain McAfee, Norton, dan Kaspersky, Avira adalah alternatif yang bagus. Avira adalah salah satu antivirus gratis yang juga saya gunakan.

Jangan lupakan Smadav. Antivirus lokal Indonesia ini mempunyai kemampuan yang tidak kalah dengan antivirus buatan luar.

Kesimpulan

Kembali ke pertanyaan awal, apakah Windows Defender sudah cukup?

Menurut pendapat saya jawabannya adalah ya, tetapi apa yang terbaik untuk Anda mungkin berbeda. Karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda tergantung banyak faktor.

Bagi sebagian orang yang membutuhkan perlindungan maksimal, akan membutuhkan antivirus Windows 10 yang lebih komprehensif. Dan ini berarti menggunakan Windows Defender saja tentu tidak cukup.