5 Tips Memaksimalkan Website Bisnis Online

website bisnis online

5 Tips Memaksimalkan Website Bisnis Online – Indonesia adalah salah satu negara dengan kecepatan pertumbuhan bisnis online tertinggi di Asia bahkan dunia. Setiap hari semakin banyak saja startup-startup bisnis online bermunculan. Baik dari pebisnis pemula maupun yang merupakan ekspansi dari pebisnis besar yang awalnya berfokus pada bisnis offline.

Selain menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Twitter, atau pun Instagram, salah satu strategi yang banyak diterapkan oleh pebisnis online adalah dengan membangun sebuah website bisnis online. Menggunakan website bisa meningkatkan kredibilitas dan tingkat kepercayaan konsumen. Melalui website yang dikelola dengan baik, konsumen bisa melihat bahwa Anda adalah pebisnis yang profesional. Namun memiliki website bisnis online saja tidaklah cukup. Anda harus terus menerus meng-Update website dengan konten-konten yang menarik dan berkualitas. (Baca juga Pentingnya content marketing untuk kemajuan bisnis online).

Sudahkah Website Bisnis Online Anda Dikelola Dengan Benar?

Apakah dengan memiliki sebuah website konsumen akan otomatis datang? Tentu saja tidak. Kita perlu menerapkan strategi-strategi tertentu untuk memaksimalkan pengelolaan website. Berikut adalah beberapa tips pengelolaan website yang bisa dicoba untuk meningkatkan usaha bisnis online Anda :

1. Lengkapi Website Dengan Konten Yang terkait Bisnis Online Anda

Buatlah website bisnis online yang dinamis. Jangan sampai hanya karena website dibuat untuk tujuan berjualan maka isinya hanya daftar produk saja. Lengkapi juga website itu dengan konten-konten menarik yang masih terkait dengan produk barang/jasa yang Anda jual. Misalnya jika bergerak di bidang travel online, lengkapilah website Anda dengan konten-konten tentang pariwisata, misalnya artikel dengan judul tips hemat berwisata ke Bali.

Baca Juga :  8 Panduan Menggunakan Facebook untuk Promosi Bisnis

Bisa juga melengkapi website dengan video, gambar, dan konten-konten lain yang masih terkait. Dengan cara ini website akan terlihat menarik dan tidak terlalu kaku.

2. Gunakan Teknik Funneling

Funneling adalah teknik yang digunakan untuk menyalurkan pengunjung web dari satu halaman ke halaman lain dengan tujuan/maksud tertentu.

Funneling akar katanya adalah funnel yang artinya corong. Maksudnya adalah pengunjung website Anda tidaklah semuanya akan otomatis melakukan pembelian. Misalnya dari 1000 pengunjung mungkin hanya sekitar 500-an orang yang melihat-lihat daftar produk yang ditawarkan. Dari 500-an orang itu mungkin hanya 20-an saja yang memutuskan untuk membeli. Dan di ujung corong, dari 20-an saja yang membeli produk di toko online Anda, hanya satu dua saja yang kemudian membeli kembali.

Dengan menerapkan teknik funneling, kita memiliki data alur seorang visitor website sampai melakukan pembelian produk. Dengan data ini kita bisa melakukan evaluasi. Alurnya misalnya adalah seperti ini : Visitor – prospek – pembeli – pelanggan setia.

Jika visitor Anda banyak tetapi hanya sedikit yang memutuskan untuk membeli, maka permasalahannya bisa beraneka ragam. Bisa saja visitornya tidak sesuai target, bisa saja halaman penawaran produk/list produk yang tidak menarik, atau service purna jual yang tidak memuaskan. Dengan mengevaluasi dimanakah letak penurunan drastis pada alur pembelian, maka permasalahan utama website bisnis online Anda bisa segera ditemukan.

3. Buatlah Daftar Email Pengunjung Website Anda

Data konsumen ibaratnya adalah sebuah berlian bagi seorang pebisnis. Salah satu data konsumen bisnis online yang penting adalah alamat email. Dari list email konsumen ini Anda bisa melakukan promosi, penawaran produk, info diskon bahkan menjaga konsumen menjadi pelanggan setia Anda.

Baca Juga :  Cara Memasang Iklan Facebook (Panduan Lengkap)

Pada website bisnis online anda, gunakanlah widget subscribe email. Buatlah daftar email-email calon konsumen ini dengan baik. Lakukan secara berkelanjutan sampai terbentuk database konsumen yang solid. Teknik ini disebut email list building.

Setelah list email terbentuk, kirimilah mereka secara berkala baik itu konten-kkonten website terbaru, info diskon, produk-produk baru dan lain sebagainya. Namun selalu ingat, jangan sampai mengirim email membabi buta. Buatlah jadwal yang sesuai. Jualan juga punya etika, jangan spam di email orang.

4. Manfaatkan Media Sosial

Saat ini media sosial memiliki power sangat kuat termasuk dalam bidang internet marketing. Untuk mendapatkan celah pasar yang lebih besar, kaitkanlah website bisnis online Anda dengan media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook Page, channel YouTube, dan lain sebagainya. Setelah itu lengkapilah setiap postingan konten dengan ajakan untuk mem-follow akun-akun media sosial Anda itu.

5. Tampilkan Feedback Positif Konsumen Pada Website Anda

Semakin terpercaya sebuah bisnis maka semakin cepat dia berkembang. Demikian juga sebuah website bisnis online akan bisa bermanfaat dengan efektif jika Anda menampilkan feedback-feedback positif dari konsumen. Feedback ini bisa berupa testimoni, review, komentar dan lain-lain.

Untuk mendapatkan testimoni tentu bukanlah hal yang mudah. Hal paling penting yang harus dilakukan untuk mendapatkan feedback positif tentu saja dengan memastikan produk yang Anda jual memiliki kualitas bagus. Namun meskipun tidak mudah, jangan pernah lupa untuk meminta hal ini setelah selesai transaksi.

Semakin banyak review/testimoni positif maka semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda. Hal ini akan menjadi modal untuk mengembangkan bisnis semakin besar lagi.

Setelah mendapatkan testimoni positif, tampilkanlah kumpulan testimoni tadi di website bisnis online Anda. Testimoni bisa berupa screeenshot chat/email, foto, kata-kata konsumen, atau kalau perlu video.

Baca Juga :  5 Cara Jualan Online Yang Efektif Dan Cepat Laku

Coba, Evaluasi, Coba lagi

Tidak ada yang pasti dalam dunia bisnis termasuk dunia bisnis online. Apalagi bisnis ini sangat tergantung dengan perkembangan teknologi yang memang sedemikian pesatnya. Untuk bisa bersaing maka Anda harus terus berkembang. Tips pengelolaan website untuk keberhasilan bisnis online ini tidak akan berhasil jika tidak dilakukan secara konsiten dan terukur. Terukur di sini maksudnya adalah Anda harus melakukan evaluasi secara berkala.